15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Hari Ini KPU Simalungun Mulai Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Simalungun, MISTAR.ID

Setelah merampungkan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun akan mulai melakukan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Simalungun, Johan Septian Pradana mengatakan, proses rekapitulasi akan dimulai pukul 09.00 WIB. Namun, Johan mengatakan masih ada dua kecamatan yang belum mengembalikan logistik Pemilu,

“Jadi (rekapitulasi) dimulai hari ini, tinggal Kecamatan Ujung Padang dan Kecamatan Bandar yang belum selesai,” ujarnya.

Proses rekapitulasi pada hari pertama di tingkat kabupaten direncanakan akan menyelesaikan delapan kecamatan.

Baca Juga : Tiga Kecamatan Sudah Kembalikan Logistik Pemilu ke KPU Simalungun

Sebelumnya, Johan menyebut pengembalian logistik dari tingkat kecamatan diperkirakan selesai pada tanggal 27 Februari mendatang. “Diperkirakan tanggal 25 sampai 27 (Februari) seluruh kecamatan sudah mengantarkan logistik ke KPU,” katanya.

Johan membeberkan bahwa beberapa penghitungan ulang di tingkat kecamatan dari KPPS dilakukan karena adanya kesalahan penulisan dari pihak KPPS.

“Ada 20 lebih kecamatan yang sudah selesai. Yang beluj itu Kecamatan Siantar, Bandar, Tanah Jawa, Dolok Panribuan, dan Kecamatan Tapian Dolok. Sudah hampir selesai lah ini hari,” ucap Johan, Minggu (25/2/24) lalu.

Baca Juga : KPU Simalungun Selesaikan Distribusi Logistik Pemilu 2024 Hari Ini

Ia menjelaskan, kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara disebabkan adanya beberapa nagori memiliki TPS yang banyak, seperti Nagori Marubun Jawa Kecamatan Tanah Jawa.

“Untuk pengembalian logistik aman, karena pengawas dari kecamatan dan polisi mengawal itu sampai ke gudang KPU,” pungkasnya. (indra/hm24)

Related Articles

Latest Articles