16.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Dua Paslon Pilkada Taput Selesaikan Pemeriksaan Kesehatan di RSUP Adam Malik

Taput. Mistar ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) melalui Komisioner Divisi Teknis, Chanra Panggabean menyampaikan, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari 2 pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati (wabup) pada tanggal 3 September kemarin.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika pada 2 paslon diketahui sudah memenuhi syarat.

“Pemenuhan syarat pemeriksaan kesehatan ini menjadi alat ukur yang menjadikan calon mampu untuk melaksanakan tugas sebagai bupati dan wabup,” terang Chanra kepada mistar.id di Kantor KPU Taput, pada Jumat (6/9/24).

Baca juga:Satika Simamora dan Sarlandi Hutabarat Resmi Mendaftar ke KPU untuk Pilkada Taput

Dia juga menjelaskan kandidat paslon Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat-Denny Lumban Toruan, dan Satika Simamora-Sarlandy Hutabarat telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RSUP H Adam Malik Kota Medan.

“Pemeriksaan kesehatan berlangsung selama 2 hari, paslon Jonius-Denny dilakukan pada 31 Agustus (dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB). Begitu juga paslon Satika-Sarlandy pada 1 September 2024. Semua ini akan menjadi langkah awal menuju proses verifikasi administrasi selanjutnya oleh KPU Taput,” ujarnya.

Tim pemeriksaan kesehatan RSUP Adam Malik sudah menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hasil ini akan menentukan apakah calon bupati dan wabup memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas selama 5 tahun ke depan.

Pasca hasil pemeriksaan diterima, KPU pun melanjutkan proses penelitian berkas administrasi para paslon. Proses verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua syarat administrasi sudah terpenuhi.

Baca juga:Ikuti Pilkada, Paslon Jonius-Denny Janji Bawa Taput ke Arah yang Lebih Baik

“Jika terdapat kekurangan dalam berkas administrasi, KPU akan memberikan pemberitahuan pada  batas waktu perbaikan 6-8 September 2024,” imbuh Chandra.

Mengenai detail pemeriksaan kesehatan, dia juga mengatakan, tim dokter telah melaksanakan 12 jenis pemeriksaan yang sangat komprehensif, mencakup berbagai aspek, mulai dari USG, rontgen thorax, tes bebas narkoba, hingga pemeriksaan neurologi dan syaraf serta pemeriksaan juga mencakup aspek lain seperti kesehatan mata, gigi dan mulut, ortopedi, hingga kesehatan jiwa.

“Tim dokter telah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, dan memastikan bahwa setiap paslon mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh dan akurat. Dengan selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan ini, KPU Taput kini bersiap untuk memastikan bahwa seluruh proses administrasi berjalan lancar, demi tercapainya pemilihan yang jujur, adil dan berkualitas,” ucap Canra mengakhiri. (pembela/hm16)

Related Articles

Latest Articles