19.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Dua Panelis Debat Capres dari Unhan Diminta untuk Diganti

Jakarta, MISTAR.ID

Dua panelis debat calon presiden (capres) dari Universitas Pertahanan (Unhan) diminta untuk diganti. Permintaan itu datang dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu menilai timbul khawatir ada indikasi kecurangan proses materi debat capres yang akan digelar pada 7 Januari 2024 nanti.

Dalam daftar 11 panelis debat yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dua diantaranya berasal dari Unhan yakni Pakar Keamanan Unhan Dr Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Prof Dr Marsetio.

Baca juga : Ini Profil Moderator Debat Capres 7 Januari, Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki

Cak Imin minta keduanya diganti karena dinilai Unhan terafiliasi di bawah Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin oleh capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

“Terus terang saya protes. Karena itu kan mengganggu objektivitas. Karena apapun Unhan itu kan di bawah Pak Prabowo, Menhan (Menteri Pertahanan),” terang Cak Imin saat berada di Kabupaten Garut, Kamis (4/1/24).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku telah melayangkan protes ke KPU RI. Cak Imin pun berharap dua panelis dari Unhan itu bisa diganti.

“Karena itu saya protes. Mudah-mudahan bisa diganti,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles