16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Charta Politika Indonesia Rilis Survei Elektabilitas Pilkada Jakarta

Jakarta, MISTAR.ID

Jajak pendapat elektabilitas calon gubernur dan calon wakil gubernur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 dikeluarkan Lembaga Charta Politika Indonesia, pada Kamis (3/10/24).

Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono unggul dengan tingkat keterpilihan 48,3 persen.

Survei berlangsung mulai tanggal 19-24 September 2024. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang, dengan populasi survei adalah semua masyarakat Jakarta.

Baca juga:PDIP Pilih Pramono-Rano daripada Ahok di Pilkada Jakarta, Begini Kata Pengamat

Teknik survei multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,83%. Sistem pengambilan jajak pendapat digelar lewat wawancara tatap muka.

Awalnya Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menunjukkan survei elektabilitas calon Gubernur Jakarta, di mana RK dinyatakan unggul. Hasilnya Ridwan Kamil 47,9%, Pramono Anung 35,8%, Dharma Pongrekun 5,3%, dan tidak tahu 11,1%.

Dipaparkan juga survei untuk calon Wakil Gubernur Jakarta, dan hasilnya Rano Karno unggul. Hasilnya Suswono 22,8,6%, Rano Karno 44,5%, Kun Wardana 4,9%, dan tidak tahu 21.8%.

Baca juga:Gagal Maju Pilkada Jakarta, Pengamat: Anies Over Confidence

Kemudian responden ditanya apabila Pilkada Jakarta dilaksanakan hari ini, manakah pasangan yang dipilih. Ini hasilnya: Ridwan Kamil-Suswono 48,3%, Pramono Anung-Rano Karno 36,5%, Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,6%, dan tidak tahu persen 9,7%.

Yunarto menuturkan, dari hasil survei 2 lembaga sebelumnya, elektabilitas Ridwan Kamil mengalami penurunan. Menurutnya, justru dalam minggu belakangan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Tahun 2017 siapa yang menyangka Ahok di atas 80 persen dapat dikalahkan oleh Anies. Jika dibaca trennya, RK agak menjauh dari angka amannya dari 50 persen, tim sukses (timses) harus lebih semangat lagi. Sedangkan Pramono Anung dengan Rano Karno mengalami kenaikan linier selisih waktu 2 pekan,” ucap Yunarto. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles