9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Cerdaskan Pemilih Pemula, Ratusan Pelajar Ikuti Sosialisasi Pemilu

Medan, MISTAR.ID

Bawaslu Sumut dan DPRD Sumut menyelenggarakan sosialisasi pemilu kepada tingkat ratusan pelajar SMA. Hal ini sebagai bentuk pendidikan politik bagi para pelajar dan diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai proses pemilu kepada pemilih pemula, khususnya pelajar setingkat SMA di seluruh Sumatera Utara.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, menjelaskan bahwa inisiatif ini diambil untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024.

“Para pelajar bukan hanya akan menggunakan hak pilihnya, tapi juga menjadi garda terdepan dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024,” ujar Baskami di gedung DPRD Sumut pada Selasa (16/1/24).

Baskami memotivasi para pelajar untuk menggunakan hak pilih mereka dengan cerdas dan menghindari penyebaran hoaks. Ia berharap agar para siswa memilih pemimpin yang menghargai keberagaman, sejalan dengan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara Komisioner Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, memberikan pemaparan mengenai arti kepemiluan, tahapan pemilu, aturan-aturan yang berlaku, dan pelanggaran pemilu seperti politik transaksi.

Baca juga: FKM Tanjung Balai Dukung Polri Kawal Pemilu Damai

“Saya berikan tips agar nanti tahu akan memilih siapa: pastikan tahu rekam jejak calon, latar belakang pendidikan, dan kontribusinya di lingkungan kalian,” ungkap Saut Boangmanalu.

Saut mengapresiasi penyelenggaraan Parlemen Pelajar gelombang III DPRD Sumut dan berharap ke depannya program semacam ini dapat lebih luas dan mendalam, melibatkan siswa dari seluruh Sumatera Utara.

Seorang siswa, Marina Eka Putri Gayo dari SMA Swasta Nurul Ilmi, Padangsidimpuan, menyatakan antusiasmenya mengikuti acara tersebut, menyebutnya sebagai kesempatan berharga untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan bertemu langsung dengan Ketua DPRD Sumut.

“Saya beruntung, datang jauh-jauh dari Sidempuan ke sini dan mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman berharga,” pungkasnya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles