20.2 C
New York
Wednesday, August 14, 2024

Berkaca dari Pilpres, Siantar Diharapkan Lanjutkan Kesuksesan Pilkada 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Polres Pematangsiantar, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemko Pematangsiantar yang berlangsung pada Rabu (14/8/24) di Convention Centre Siantar Hotel membahas terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno yang memimpin rapat menyampaikan, prestasi penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu diharapkan dapat berlanjut hingga Pilkada 2024 yang akan berlangsung 27 November 2024.

Kota Pematangsiantar salah satu daerah yang sukses melaksanakan Pilpres dengan aman dan sukses. “Karena itu, ini sangat penting untuk mengkolaborasikan, mensinergikan, dan melaraskan langkah-langkah antisipasi yang harus kita laksanakan dalam kegiatan utama pada bulan November,” kata Yogen.

Baca juga:PDIP Umumkan 13 Cagub-Cawagub pada Pilkada 2024, Ini Daftarnya

Harapannya, situasi kondusif di Kota Pematangsiantar ini dapat terus terjaga hingga pelantikan presiden terpilih pada bulan Oktober, yang berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak pada bulan November.

Dilanjutkan Yogen, upaya yang telah dilakukan oleh seluruh pihak, baik dari kepolisian, TNI, Pemko Pematangsiantar, maupun penyelenggara Pemilu, telah berjalan dengan baik sebelumnya, serta diharapkan dapat diterapkan kembali pada Pilkada serentak ini.

Hal ini menunjukkan kesiapan semua pihak dalam penyelenggaraan pengamanan Pilkada serentak, nantinya diharapkan penilaian positif dari pelaksanaan sebelumnya dapat dipertahankan, atau bahkan ditingkatkan dalam pengamanan berikutnya. Sehingga Kota Pematangsiantar tetap dinilai mampu menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan Pemilu.

Baca juga:PDIP Umumkan 305 Balon Kepala Daerah Diusung di Pilkada 2024

“Mengingat Pilkada ini dilaksanakan secara serentak nasional, kita tidak ingin Kota Pematangsiantar menjadi contoh buruk hal-hal yang tidak diinginkan harus diantisipasi dengan baik,” ujar Yogen.

Asisten II Pemko Pematangsiantar, Zainal Siahaan menyampaikan, kesuksesan Pilkada yang terhitung 105 hari lagi nantinya merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk meningkatkan demokrasi yang menjadi titik penentu masa depan bangsa.

“Melihat pentingnya pesta demokrasi serentak tersebut diharapkan seluruh komponen bangsa hendaknya dapat mewujudkan rasa kondusifitas, termasuk di wilayah Kota Pematangsiantar ini,” kata Zainal. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles