18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Ada Apa Kantor KPU Deli Serdang Didemo Malam-Malam?

Deli Serdang, MISTAR.ID

Proses rekapitulasi suara per kecamatan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang terus diwarnai protes beberapa kelompok massa pendukung calon legislatif (caleg) hingga malam hari di Jalan Karya Jasa Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Kamis (7/3/24).

Sejumlah kelompok massa yang dibawa caleg untuk melakukan protes hingga proses penghitungan (rekapitulasi) dikawal ketat puluhan personel Polresta Deli Serdang.

Salah satu caleg keberatan dengan hasil penghitungan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Delitua dan Patumbak. Caleg DPRD Kabupaten Deli Serdang dari PDI Perjuangan nomor urut 2 daerah pemilihan (dapil) Deli Serdang III, Timur Sitepu, bersama pendukungnya minta dilakukan penghitungan ulang dengan membuka kotak suara. Hal ini dilakukan karena merasa ada kesalahan dan ketidakcocokan

Baca juga:KPU Deli Serdang Lakukan PSU di 13 TPS, Caleg Diminta Ajukan Saksi

Massa yang sudah 3 hari kumpul di sekitar Kantor KPU Kabupaten Deli Serdang tersebut terus mendesak penyelenggara Pemilu itu menyelesaikan penghitungan hingga membuat suasana di KPU agak sedikit ricuh.

Komisioner KPU Kabupaten Deli Serdang Bidang Hukum, Mulyanta Sembiring didampingi aparat kepolisian meminta massa untuk tidak melakukan tindakan yang mengganggu konsentrasi rekapitulasi, dan mempercayakan pada mereka untuk menyelesaikan satu persatu rekapitulasi per kecamatan yang sampai saat ini dilakukan.

“Kami kerja diawasi ketat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Percayakan pada kami untuk menyelesaikan proses rekapitulasi ini. Kalau persoalan partai politik (parpol), KPU tidak mencampuri. Silakan komunikasi dengan saksi. Kegiatan ini semua ada mekanisme yang mengatur, jadi percayakan pada kami,” tegasnya.

Baca juga:Meski Hujan Deras, KPU Deli Serdang Tetap Distribusikan Logistik Pemilu

Dijelaskan Mulyanta, hari ini mereka rekapitulasi suara dari Kecamatan Delitua dan Patumbak. Sementara untuk Kecamatan Kutalimbaru belum dilaksanakan.

“Kenapa lama, karena kita lakukan pencocokan DPT,” pungkasnya. (sembiring/hm16)

Related Articles

Latest Articles