8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

3 Paslon Lulus Tes Kesehatan, KPU Medan Segera Lakukan Verifikasi Berkas

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan mengaku sudah menerima hasil pemeriksaan kesehatan terhadap ketiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada Medan 2024.

“Sudah kita terima, hasil kesehatannya baik dan dinilai mampu mengikuti tahapan selanjutnya,” ucap Mutia saat dikonfirmasi Mistar, Rabu (4/9/24).

Dengan diterimanya hasil ini, kata Mutia, selanjutnya pihaknya akan melakukan verifikasi berkas baik administrasi maupun faktual terhadap ketiga paslon.

“Proses verifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua syarat administrasi telah terpenuhi. Yang dikoreksi adalah dokumen administrasi, dokumen pencalonan dan syarat calon. Jika terdapat kekurangan dalam berkas administrasi, kita (KPU Medan) akan memberikan pemberitahuan pada 5-6 September dengan batas waktu perbaikan hingga 14 September 2024,” katanya.

Baca juga: Pemeriksaan Kesehatan Ketiga Paslon Wali Kota Medan Selesai

Dijelaskan Mutia, nantinya pihaknya juga akan melakukan verifikasi faktual ijazah yang dilampirkan paslon pada saat pendaftaran di KPU Medan 27-29 Agustus 2024 lalu.

“Keabsahan ijazah perlu kami klarifikasi. Karena syaratnya SMA, berarti kami ke SMA ketiga paslon, selanjutnya klarifikasi ke lembaga perguruan tinggi,” jelasnya.

Setelah melakukan klarifikasi, kata Mutia, pada 15-18 September 2024 KPU Medan akan menerima masukan dari masyarakat terhadap ketiga paslon yang dilanjutkan melakukan verifikasi terhadap masukan dari masyarakat tersebut.

“Setelah itu selesai, pada 22 September kita lakukan penetapan calon. Lalu pada tanggal 23 September dilanjutkan pencabutan nomor,” pungkasnya. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles