9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemkab Labura dan ULB Jalin MoU Bidang Pendidikan

Labura, MISTAR.ID

Pemkab Labuhanbatu Utara (Labura) dan Universitas Labuhan Batu (ULB) menjalin kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan kesepahaman itu berlangsung di ruang rapat ULB di Rantauprapat, pada Minggu (4/2/24).

Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus menyebutkan, kerja sama ini merupakan bagian dari cita-cita Pemkab setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang pendidikan.

Baca juga:Terungkap Fee PBB Sektor Perkebunan Tak Pernah di Eksaminasi Pemkab Labura

“Kami yakin jika SDM nya sudah baik, maka kesejahteraannya juga pasti akan meningkat,” kata Hendriyanto didampingi Wakil Bupati, Samsul Tanjung dan Sekretaris Daerah (Sekda).

Hendriyanto mengakui, kerja sama ini merupakan yang pertama kali dilakukan Pemkab Labura dengan universitas swasta. Sebelumnya Pemkab Labura sudah menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri (UIN).

“ULB ini adalah kampus yang teristimewa. Karena ULB kampus swasta pertama yang melakukan MoU dengan Pemkab Labura,” terangnya.

Baca juga:Bupati Ajak MABMI Labura Lestarikan Budaya Melayu

Diharapkan, pada tahap pertama Pemkab Labura akan mengalokasikan beasiswa untuk 20 orang mahasiswa-mahasiswi baru di ULB. “Ini minimal dan bisa juga lebih. Namun akan disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah,” kata Bupati.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hendriyanto berharap, dengan terjalinnya MoU tersebut bisa membangkitkan semangat masyarakat yang masuk dalam kategori ekonomi rendah untuk berkuliah.

“Kalau kuliah di Kota Medan sudah jelas biaya hidup besar. Jika di ULB, apa lagi yang tinggal sekitar kampus Damuli ini pasti jauh lebih efisien, baik waktu dan biaya, karena tidak perlu bayar uang makan dan uang kos,” kata Hendriyanto.

Baca juga:Wabup Labura Lantik Sejumlah Pejabat PTP dan Administrator

Penandatanganan MoU dilakukan Hendriyanto mewakili Pemkab Labura dan Ade Parlaungan Nasution PhD yang merupakan Rektor ULB.

Acara juga dihadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Labura serta dekan di lingkungan ULB yang merupakan karya tokoh Labuhanbatu Raya, almarhum Amarullah Nasution tersebut. (azis/hm16)

Related Articles

Latest Articles