18.9 C
New York
Friday, August 23, 2024

Waspada! Ini Wilayah Penyimpan Potensi Gempa Megathrust

Jakarta, MISTAR.ID

Peringatan BMKG menyebutkan wilayah Indonesia menyimpan potensi gempa Megathrust. Gempa ini disebut bisa menyebabkan tsunami di sepanjang Samudera Hindia mulai dari Sumatera sampai Bali. Peringatan akan kemungkinan terjadinya bencana ini dimaksudkan agar pemerintah dan warga di sekitar wilayah potensi lebih siaga.

Hal ini memang tidak bisa dihindari karena wilayah Indonesia dan sejumlah negara Asia lain merupakan salah satu kawasan paling rawan bencana gempa bumi besar dan tsunami. Secara geologis wilayah Asia ditandai dengan pergerakan lempeng tektonik aktif di Samudra Pasifik dan Hindia. Salah satu gempa bumi besar yang bisa melanda kawasan ini yakni gempa megathrust.

“Bagaimana menyiapkan masyarakat dan pemerintah daerah sebelum terjadi gempa dengan kekuatan tinggi yang mengakibatkan tsunami. Pemerintah daerah sudah diajak bersama-sama menyiapkan infrastrukturnya, menyiapkan sistemnya, adakah jalur evakuasinya, adakah tempat shelter evakuasi,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2024.

Baca juga:Gempa Megathrust Berpotensi Terdampak di Sumut

Megathrust merupakan gempa berukuran sangat besar yang terjadi di zona subduksi, yaitu suatu wilayah dengan salah satu lempeng tektonik bumi terdorong ke bawah lempeng tektonik lainnya, dilansir dari laman Earthquakescanada Pemerintah Kanada.

Kedua lempeng itu terus bergerak saling bersinggungan namun menjadi terjebak di tempat mereka bersentuhan, sehingga membuat adanya penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempeng dan terjadinya gempa megathrust.

Gempa megathrust bisa menyebabkan terjadinya tsunami karena adanya gerakan dorongan besar, menyebabkan pergerakan vertikal besar di dasar laut bergerak memindahkan sejumlah besar air yang menjauh dari gerakan bawah laut sebagai tsunami.

Wilayah Asia dilewati pergerakan lempeng-lempeng tektonik yang cukup kompleks, seperti tumbukan Lempeng Pasifik dan Filipina dengan Lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Hal ini lah yang membuat risiko gempa bumi megathrust melanda wilayah Asia. Ada beberapa wilayah Asia yang diprediksi berpotensi dilanda gempa megathrust ini.

Baca juga:Potensi Gempa Megathrust, BMKG Monitor Aktivitas Seismik Pada Zona Aktif

1. Samudera Hindia

Samudera Hindia merupakan perairan yang luasnya seperlima dari total lautan di dunia. Samudera Hindia menyentuh Asia, Afrika, Australia, dan Antartika.

Di kawasan Samudera Hindia ini, terdapat zona subduksi yaitu Sunda megathrust yang merupakan tempat bertemunya Lempeng Indo-Australia menuju ke bawah Lempeng Eurasia sepanjang 5.500 kilometer patahan. Ini mulai dari lepas pantai Myanmar, Sumatra, Jawa dan Bali, berakhir di lepas pantai barat laut Australia.

Zona megathrust inilah yang menyebabkan terjadinya gempa bumi dan tsunami Samudera Hindia yang melanda Aceh pada 2004. Hal ini dipicu oleh guncangan gempa bumi Sumatera–Andaman berkekuatan 9,2 skala richter yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 diakibatkan oleh pergeseran pada megathrust Sunda.

Sebagian besar akumulasi dan pelepasan regangan terjadi di sepanjang megathrust Sunda di zona subduksi utama, di mana litosfer lempeng Indo-Australia yang bersentuhan dengan lempeng Sunda yang berada di atasnya hingga kedalaman 60 km.

Kondisi ini mengakibatkan perpindahan vertikal dasar laut di perairan dalam diatas palung Sunda di barat daya Kepulauan Nikobar dan lepas pantai Aceh. Pergerakan vertikal ini menciptakan tsunami besar yang menyebar ke seluruh Samudera Hindia, menewaskan lebih dari 230.000 orang, terbanyak di Aceh.

Bagian Sumatra-Andaman dari zona tumbukan ini juga membentuk zona subduksi batas lempeng megathrust yakni palung Sunda-Jawa yang mengakomodasi konvergensi antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Sunda, mengutip USGS National Earthquake.

Baca juga:Daftar Megathrust di Sumatra, Picu Tsunami dengan Ketinggian Puluhan Meter

2. Palung Nankai, Jepang

Di Jepang terdapat Palung Nankai yang merupakan palung bawah laut sepanjang 800 kilometer membentang dari Shizouka di sebelah barat Tokyo hingga ujung selatan Pulau Kyushuyang. Palung tersebut memiliki beberapa segmen megathrust.

Jepang pernah dilanda megathrust terbesar dalam 20 tahun terakhir dengan gempa berkekuatan 9,1 Thoku di sepanjang megathrust Palung Jepang. Gempa bumi ini terjadi di sepanjang Nankai Megathrust yang memiliki periode ulang gempa besar sekitar 90–200 tahun.

Bahkan, Pemerintah Jepang memperkirakan gempa bumi besar di Palung Nankai akan menyebabkan kerusakan yang besar, diperkirakan kemungkinan 10 kali lebih besar dibandingkan gempa bumi dan tsunami Thoku 2011.

3. Palung Manila (Laut China Selatan)

Di Laut Cina Selatan terdapat Palung Manila. Wilayah ini kerap menjadi sumber gempa bumi dengan magnitudo kecil hingga sedang. Palung Manila memiliki zona subduksi Laut Cina Selatan yang menukik ke timur.

Sepanjang zona subduksi ini, kerak samudera Laut Cina Selatan turun ke arah timur di bawah Filipina, Taiwan paling selatan, dan dasar laut. Namun, gempa besar ternyata jarang terjadi.

Kurangnya gempa besar dapat mengindikasikan patahan subduksi secara aseismik tergelincir atau mengumpulkan energi regangan ke arah pelepasan yang cepat dapat menimbulkan peristiwa megathrust di masa depan.

4. Kawasan Himalaya

Wilayah Himalaya merupakan tempat lempeng India yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia. Pada 2015 terjadi Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter di Gorkha, Nepal. Wilayah ini merupakan retakan megathrust benua besar pertama di bawah jaringan Sistem Pemosisian Global berkecepatan tinggi (5 hertz). (tempo/hm06)

Related Articles

Latest Articles