24.4 C
New York
Saturday, June 22, 2024

Tuntut Kenaikan UMK, Ribuan Buruh Gelar Aksi Mogok Nasional

Jakarta, MISTAR.ID

Ribuan buruh ini menggelar aksi mogok nasional untuk menuntut agar gubernur tidak mengubah besaran kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang telah direkomendasikan oleh bupati/wali kota. Aksi serentak ini digelar di kawasan-kawasan industri seluruh Indonesia, Kamis (30/11/23).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal  mengatakan, lokasi yang berpotensi mengalami lumpuh total salah satunya Kabupaten Bekasi karena sekitar 500 ribu buruh yang akan mengikuti aksi.

Adapun aksi serupa bakal berlangsung di sejumlah titik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Makassar, Jawa Timur  hingga Banjarmasin. Tuntutan buruh di seluruh Indonesia adalah meminta agar gubernur di tiap provinsi menaikkan upah sebesar 15%.

Baca juga: Ratusan Buruh Demo di Balai Kota Medan Tuntut UMK Naik 15 Persen

Sebelumnya bupati dan wali kota di tiap daerah telah mengirimkan rekomendasi besaran kenaikan UMK di atas 10% keke gubernur. Tapi kebanyakan para kepala daerah mengusulkan kenaikan hanya 2-4%.

Namun untuk Pemerintah Kota (Pemko) Bandung mampu mengusulkan kenaikan UMK sampai 17%, disusul Kabupaten Bandung 15,81%, Kabupaten Bandung Barat 14,81%, Kabupaten dan Kota Bekasi sebesar 14%, dan Karawang sebesar 13%. Rekomendasi kenaikan UMK itu berbeda dengan Jawa Barat yang hanya naik 3,57% menjadi Rp 2.057.495. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles