15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Tarekat Syattariyah Aceh Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Aceh, MISTAR.ID

Pengikut Tarekat Syattariyah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh merayakan lebaran dan melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 Hijriah, Senin (8/4/24) pagi.

Jamaah Syattariah menggelar shalat Idul Fitri di Masjid Jamik Abu Habib Muda Seunagan, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur. Tak hanya dari Nagan Raya, ratusan jemaah daerah lain di Aceh juga hadir saat itu.

Baca juga: Saat Rukyatul Hilal Penetapan 1 Syawal, BMKG Prediksi Cuaca di Kota Medan Berawan

Teuku Raja Keumangan, cucu dari Habib Muda Seunagan mengatakan, penetapan 1 Syawal jamaah Syattariah ditetapkan berdasarkan hitungan hisab atau bilangan lima yang dilakukan oleh sejumlah ulama pengikut Habib Muda Seunagan.

“Metode ini memang sudah dilaksanakan secara turun menurun lebih kurang sudah 200 tahun lebih menggunakan metode hisab bilangan 5,” kata Teuku Raja Keumangan kepada wartawan, seperti dilansir CNN Indonesia.

Selain di Nagan Raya pengikut Tarekat Syattariyah ini juga melaksanakan salat id di sejumlah kabupaten di Aceh, seperti di Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Baca juga: Ramadhan 1445 H, DREGS Bagikan Sembako ke Panti Asuhan Yayasan Al-Kahfi

Meski penetapan Idul Fitri 1445 Hijriah lebih awal dari jadwal yang ditentukan pemerintah, namun para jemaah diimbau agar saling menghormati umat muslim lainnya yang masih menjalankan ibadah puasa.

”Hari ini kita melaksanakan hari raya idul fitri setelah puasa di bulan suci ramadan 30 hari sebulan penuh, dan hari ini kita merayakan hari kemenangan itu. Kita harap jamaah tetap menghormati ummat muslim yang masih berpuasa,” katanya. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles