14.7 C
New York
Friday, April 12, 2024

Spesifikasi Kapal Selam Scorpene Evolved yang Dibeli Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia secara resmi mengumumkan pembelian dua kapal selam Scorpène Evolved dari perusahaan Prancis Naval Group yang keseluruhannya akan diproduksi di galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur.

Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha dari Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan membenarkan Kemhan RI menandatangani kontrak pembelian dua kapal selam Scorpène Evolved di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, pada 28 Maret 2024.

“Kontrak pengadaan kapal selam kelas 1800–2800 ton dengan Advanced and Improved Propulsion (AIP) ditandatangani oleh perwakilan Kemhan RI, Naval Group dari Prancis, dan PT PAL Indonesia,” ujar Edwin di Jakarta, Kamis (4/4/24).

Baca juga: Indonesia Beli Dua Kapal Selam dari Prancis

Dalam foto yang diunggah oleh Naval Group di akun resminya, kontrak tersebut diteken oleh Marsekal TNI Yusuf Jauhari, Kaharuddin Djenod dari PT PAL Indonesia, dan Marie-Laure Bourgeois dari Naval Group. Wakil Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn.) M. Herindra turut menyaksikan acara tersebut.

Kemhan RI, Naval Group, dan PT PAL sepakat bahwa produksi dua kapal selam tersebut akan dilakukan sepenuhnya di Surabaya, sebagai bagian dari kerjasama alih teknologi dari pembelian kapal selam Naval Group. PT PAL Indonesia dan Naval Group telah menandatangani perjanjian operasi bersama pada 12 Desember 2023, dan perjanjian kemitraan strategis pada Februari 2022.

Direktur Utama Naval Group Pierre Éric Pommellet memuji keputusan Pemerintah Indonesia untuk memilih Scorpène® Evolved sebagai penguat armada TNI Angkatan Laut.

Related Articles

Latest Articles