7.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Indonesia Beli Dua Kapal Selam dari Prancis

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia telah resmi membeli dua kapal selam kelas Scorpene dari perusahaan Prancis, Naval Group, Kamis (4/4/24).

Naval Group mengumumkan bahwa Indonesia telah memesan dua kapal selam sebagai bagian dari perjanjian kerja sama pertahanan yang telah disepakati dengan Prancis pada tahun 2021.

Menurut perjanjian tersebut, Naval Group akan mentransfer teknologi kapal selam kepada Indonesia, sementara manajemen, operasi, dan pemeliharaannya akan dilakukan oleh pihak Indonesia.

“Pihak Naval Group sangat bangga menjadi bagian dari tahap baru dalam aliansi strategis antara Indonesia dan Prancis,” kata Pierre Eric Pommellet, CEO Naval Group.

Baca juga: PT PAL Terus Kembangkan Program Kapal Selam, Target 12 Unit

Menurut Pommellet, kapal-kapal ini akan memperkuat kedaulatan maritim Indonesia dan mendukung Angkatan Laut Indonesia dalam mencapai keunggulan di kawasan laut Asia Pasifik.

“Selain kapal selam, kemitraan strategis kami dengan PT PAL juga akan membantu industri pertahanan Indonesia untuk secara aktif mempersiapkan masa depan perang angkatan laut di negara ini,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT PAL, Kaharuddin Djenod, menyatakan bahwa kesepakatan mengenai kapal selam ini menunjukkan komitmen tinggi dan kepercayaan pemerintah Indonesia terhadap kemampuan insinyur lokal untuk mengembangkan teknologi pertahanan.

“Ke depan, Indonesia diharapkan mampu menguasai teknologi kapal selam,” jelasnya.

Related Articles

Latest Articles