23.8 C
New York
Monday, August 5, 2024

Seribu Mobil Dicarter Persiapan HUT RI ke-79 di IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Pihak Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mencarter sebanyak 1.000 unit kendaraan roda 4 atau mobil terkait persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kemensetneg menyewa kendaraan dimaksud untuk memenuhi keperluan pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP).

“Kami bersama Kemensetneg meneken nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan,” sebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kaltim, Damun Kiswanto, pada Minggu (4/8/24).

Baca juga:Bandara di IKN Nusantara Belum Bisa Beroperasi pada HUT RI ke-79

Dia menuturkan, permintaan pengadaan mobil sekitar 1.000 unit itu telah dibayar panjar 50 persen dari nilai kontrak. Lanjutnya, DPP Asperda Indonesia sudah sepakat memberikan sokongan beberapa unit mobil untuk dikirimkan ke Kaltim, guna memenuhi permintaan Kemensetneg.

“Unit kendaraan berasal dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, sedang dalam perjalanan menuju Kaltim,” ungkap Damun.

Hanya dibeberkannya, ada biaya pengiriman untuk 1 unit mobil dari luar daerah Kaltim hingga Rp 13 juta. Sebab itu, akan ada kenaikan harga sewa mobil. Meningkatnya harga sewa itu hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

Harga carter mobil normal untuk Fortuner sebesar Rp 2,5 juta per hari kni menjadi Rp 5 juta. Kemudian sewa Hi-Ace Rp 3,5 juta per menjadi Rp 15 juta per hari. Bahkan Alphard yang biasanya Rp 7 juta per hari melonjak cukup signifikan menjadi Rp 25 juta.

Baca juga:Peringatan Proklamasi RI, Megawati dan SBY Diundang ke IKN

Upacara detik-detik proklamasi dalam rangka HUT RI akan dilangsungkan di 2 lokasi sekaligus, yakni halaman Istana Merdeka Jakarta dan halaman Istana Negara IKN.

Diagendakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin upacara yang digelar di IKN Nusantara. Para mantan Presiden juga diundang menghadiri upacara di ibu kota negara baru tersebut.

Sedangkan para eks Wakil Presiden diundang menghadiri upacara kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta. (kcm/ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles