13.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Senin ini Pemerintah Umumkan Kebijakan Insentif Kendaraan Listrik

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan mengumumkan subsidi kendaraan listrik secara resmi pada Senin (6/3/23) pekan depan.

Setelah mengumumkan aturan kendaraan listrik, ia akan menyampaikan perkembangan mengenai rencana investasi Tesla di Indonesia.

“Ya nanti tunggu lah (update Tesla). Kalau nanti Senin diumumkan atau minggu depan diumumkan mengenai insentif EV nanti baru saya ngomong,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/23).

Baca juga:Wow! Indonesia dan Thailand Adu Laris Mobil Listrik

Luhut pun angkat bicara mengenai rencana Tesla yang ingin membangun pabrik di Malaysia. Menurutnya, hal tersebut tak menjadi kendala bagi Indonesia. Sebab, rencana investasi Tesla di Indonesia diklaim akan tetap berjalan sesuai dengan rencana.

“Kan kantor di mana aja boleh dibangun. Kita masih tetap lah (jalan) masa nggak,” pungkasnya.

Terkait insentif kendaraan listrik, sebelumnya pemerintah menetapkan besarannya Rp7 juta per kendaraan untuk motor konversi maupun beli bekas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pernah mengatakan besaran nilai subsidi untuk kendaraan listrik sudah jelas dan tinggal disahkan saja.

Baca juga:Tesla Terlibat Kecelakaan Maut di China

“Jadi ya sekarang semua perangkatnya sudah disiapkan, tinggal kapan kita start-nya. Nilainya sudah jelas, sudah ada patokannya, gambarannya, tinggal disahkan,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (17/2/23) lalu. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles