1.3 C
New York
Saturday, January 28, 2023

Wow! Indonesia dan Thailand Adu Laris Mobil Listrik

Jakarta, MISTAR.ID

Dua negara, yakni Indonesia dan Thailand sama-sama menjual mobil listrik dalam jumlah besar untuk kawasan Asia Tenggara. Kedua negara juga memberikan insentif khusus buat para pemilik mobil listrik.

Kondisi penjualan mobil listrik di kedua negara tersebut justru menunjukkan bahwa adaptasi mobil listrik di kawasan Asia Tenggara justru lebih cepat dari yang diperkirakan.

Tidak ada yang menyangka jika mobil listrik bisa terjual dalam jumlah yang cukup besar meski infrastruktur pendukung belum begitu menggurita. Lalu di antara keduanya mana yang paling banyak menjual mobil listrik?

Baca Juga:Luhut Sebut Semua Produsen Mobil Listrik akan Masuk Indonesia

Menurut firma konsultasi LMC Automotive penjualan mobil listrik di Thailand mencapai 13.000 unit di 2022. Hal itu terjadi karena Thailand memberikan banyak insentif buat pemilik mobil listrik. Indonesia menurut mereka berada di posisi kedua dengan capaian penjualan mobil listrik sebanyak 9.000 unit tahun lalu.

“Capaian itu merupakan loncatan yang sangat besar karena di 2021 mereka hanya bisa menjual sebamyak 667 unit mobil listrik,” tulis keterangan resmi LMC Automotive.

Menariknya dari kedua negara tersebut mobil listrik yang paling dominan adalah buatan China. Di Thailand mobil-mobil listrik buatan China datang dari berbagai merek. Disebutkan Wapcar mobil listrik yang paling laris di Thailand saat ini adalah mobil listrik buagtan China yakni Ora Good Cat dan MG ZS EV.

Kedua mobil listrik itu jadi bukti bahwa mobil listrik China begitu dominan di Thailand.

“Mobil listrik China sudah menjadi pemimpin pasar di Thailand dengan persentase sebesar 87 persen,” sebut LMC Automotive.

Baca Juga:Lebih 14.000 Mobil Listrik Keluaran BMW Ditarik Karena Perangkat Lunak Rusak

Di Indonesia pilihan mobil listrik datang dari China, Korea Selatan, hingga Eropa. Hanya saja saat ini penjualan mobil listrik terbesar di Indonesia sudah dipegang oleh Wuling Air ev. Sepanjang tahun 2022, Wuling Indonesia berhasil menjual sebanyak 8.053 unit Wuling Air ev.

“Menariknya Wuling Air ev baru diluncurkan pada Agustus 2022. Kita sangat senang bahwa saat ini Wuling Air ev sudah membukukan 78 persen market segmen mobil listrik di Indonesia,” ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors Indonesia.(sindo/hm12)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,683FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles