24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Sekda Kota Tidore Kepulauan Meninggal Akibat Covid-19

Ternate, MISTAR.ID

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Asrul Sani Soleman, meninggal dunia akibat terpapar virus corona (Covid-19).

Kepastian didapat dari hasil uji Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Asrul yang tutup usia Sabtu (23/5/20) lalu, tertular melalui transmisi lokal. Penambahan kasus positif ini menambah jumlah kasus positif Covid-19 di Malut menjadi 100 orang.

“Hasilnya positif, pasien Tn.ASS, 57 tahun, asal Gamtufkange, Tidore Kepulauan, sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pasien tidak punya riwayat perjalanan (dari luar daerah),” kata juru bicara Gugus Tugas Malut, dr. Alwia Assagaf dalam keterangan tertulis, Minggu (24/5/20).

Sampai hari ini Gugus Tugas Malut belum mendapat laporan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terkait orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan mendiang Sekda.

Baca Juga:Banyak Pelanggaran Mudik Di Tengah Covid-19 Membuat Indonesia Jadi Sorotan Dunia

“Belum ada data dari Gustu Tikep. Perlu dilakukan PE terlebih dahulu sebelum menentukan tambahan OTG, ODP, PDP dari tracking kontak. Dan harusnya segera begitu pasien dinyatakan positif langsung dilakukan PE,” papar Alwia.

Hingga saat ini, total kasus positif Covid-19 di Malut mencapai 100 orang. sementara Orang Tanpa Gejala 851 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 77 orang, PDP 12 orang, sembuh 12 orang dan meninggal 5 orang.

Sebelumnya, Asrul dilarikan ke rumah sakit Jumat kemarin dengan gejala demam dan sesak napas. Dia dirawat di RSD Tikep dan meninggal esok harinya setelah dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie.

Saat meninggal status Asrul masih PDP. Hasil rapid test menyatakan ia nonreaktif, hasil rontgen menunjukkan ia menderita pneumonia atau infeksi paru di kedua parunya.(cnnindonesia/hm01)

Related Articles

Latest Articles