13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Sejarah Hari Tanah Sedunia dan Tujuan Tema Tahun 2023

Peringatan Hari Tanah Sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat supaya meningkatkan kesehatan tanah.

Tanah merupakan salah satu sumber daya yang bertugas penting demi kelanjutan hidup organisme. Manfaat tanah bukan sekedar menjadi lokasi berjangkarnya tanaman, penyedia unsur hara, namun juga berperan penting sebagai salah satu bagian dari ekosistem.

Berikut beberapa manfaat tanah

Penyuplai keperluan sekunder tanaman dan zat pemacu tumbuhan seperti vitamin, antibiotic, hormon, asam organik dan enzim yang bisa memacu kesediaan unsur hara.

Baca juga:Simak Film Tentang Wanita Penuh Daya di Perayaan Hari Perempuan Internasional

Tanah berguna menjadi tempat tumbuh serta berkembangnya akar tanaman. Bermanfaat menyediakan serta gudang air untuk tanaman. Menjadi penyedia kepentingan primer untuk tanaman, seperti air, udara dan unsur hara.

Tempat berdiri tegak dan bertumpunya semua berbagai macam tanaman. Berperan menjadi habitat biota tanah, baik biota yang memberikan dampak positif diakibatkan terlibat secara langsung atau tidak langsung dalam penyuplai kebutuhan primer sekunder dan biota yang memberikan efek negatif seperti penyakit tanaman dan hama.

Mempertimbangkan tanah memiliki peran penting dalam ekosistem, maka sewajarnya setiap manusia menjaga air dan tanah, sehingga lingkungan akan tetap terawat dan terhindar dari kerusakan. (mrdk/hm16)

Related Articles

Latest Articles