25.3 C
New York
Monday, August 12, 2024

Perdana Sidang Kabinet Digelar di IKN Hari Ini

Samarinda, MISTAR.ID

Direncanakan hari ini, Senin (12/8/24), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melangsungkan sidang kabinet di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Itu merupakan sidang kabinet paripurna perdana yang dilaksanakan di ibu kota baru, tepat sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 pada 17 Agustus 2024. Sidang akan digelar di Istana Garuda, gedung dengan desain sayap Garuda di bagian atasnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Otorita IKN (OIKN), Basuki Hadimuljono mengatakan, meja dan kursi untuk sidang akan diboyong dari Jakarta.

Baca juga:Ini Alasan Kenapa IKN Berwarna Gelap

“Ruangan sudah (siap). Kalau kursi dan lain-lain dari Setneg (Sekretariat Negara) dan telah di sana seluruhnya. Kan sudah dibawa ke sana memakai Hercules,” kata Basuki di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Basuki juga membeberkan, sarana seperti air conditioner (AC) dan fasilitas lainnya di ruangan sidang di Istana Garuda telah terpasang. Dia pun menggaransi Jokowi sudah dapat tidur nyenyak saat bermalam di sana.

“Untuk Istana Garuda dan ruangan sidang kabinet telah siap. Listrik, air, AC sudah siap, termasuk ruang tidur beliau (Presiden Jokowi). Semoga nanti jadi nyenyak,” tutur Basuki.

Baca juga:Besok Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dikirim ke IKN

Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana menambahkan, sidang kabinet bakal berlangsung mulai pukul 09.30 WITA. Sejumlah menteri akan menginap di IKN sehari sebelum sidang kabinet.

Disebutkan Yusuf, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung yang akan menyiapkan tema maupun substansinya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno menyebutkan, sidang kabinet akan membicarakan transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Presiden Prabowo Subianto.

Baca juga:Istana IKN Disebut Mirip Kelelawar

“Jadi itu sidang kabinet kan tentu saja pembahasannya akan lebih bersifat umum ya. Lebih seperti sidang kabinet paripurna pada umumnya,” ungkap Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta.

Pasca sidang kabinet, Jokowi akan tetap berada di IKN untuk perjumpaan dengan gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia, pada Selasa (13/8/24). Presiden juga akan melihat gladi bersih upacara HUT RI di lapangan Istana Negara IKN, pada Rabu (14/8/24). (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles