11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Penerbangan Tercepat Ada di Indonesia, Cuma 73 Detik

MISTAR.ID

Rute penerbangan antar desa di Papua tercatat sebagai penerbangan terpendek di Indonesia dan kedua terpendek di dunia.

Penerbangan ini terjadi antara Desa Kegata di Kecamatan Piyaiye, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah, menuju desa tetangganya, Apowo. Dimana, penerbangan ini hanya memakan waktu 73 detik. Rute penerbangan terpendek ini diumumkan di Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat kecil Pilatus Porter buatan Swiss, yang dikenal tangguh untuk segala medan dan cocok untuk kawasan Papua. Meskipun jarak antara kedua desa hanya 2 kilometer, masyarakat harus menggunakan pesawat karena terdapat lembah yang curam di antara kedua desa.

Baca juga: Pesawat Carter Rusia Bawa 6 Penumpang Jatuh di Afghanistan

Dari video yang diunggah di Instagram, menunjukkan pesawat melewati hutan dan pegunungan hijau selama perjalanan 73 detik.

“Pesawat mendarat di landasan tanah berumput, dikelilingi oleh pepohonan, dan disambut oleh penduduk setempat,” jelas Kemenparekraf dalam keterangan resminya, Jumat (26/1/24).

Rute penerbangan ini menjadi rute terpendek di dunia setelah dikalahkan oleh rute Pulau Westrey ke Pulau Papa Westray di Skotlandia yang memakan waktu 47 detik. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles