17.7 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Polres Batu Bara Sosialisasi Tertib Berlalulintas di SMP Negeri 1 Lima Puluh

Batu Bara, MISTAR.ID

Satlantas Polres Batu Bara melakukan kegiatan Police Goes To School di SMPN 1 Lima Puluh, Jumat (26/1/24). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberi pendidikan masyarakat (Dikmas) sosialisasi dan imbauan tertib berlalulintas.

Kasat Lantas Polres Batu Bara, AKP Hotlan W Siahaan melalui Kanit Kamsel Satlantas Aiptu RH Pasaribu mengatakan, sosialisasi bertujuan menekan pelanggaran lalu lintas.

“Tiga minggu pelaksanaan tilang manual, ada 873 set tilang dan 1.276 teguran yang diberikan kepada pelanggar lalulintas. Untuk pelanggar lalulintas didominasi remaja atau anak di bawah umur,” ujarnya.

Karena masih banyaknya pelanggaran aturan berlalulintas, Pasaribu mengingatkan siswa-siswi SMPN 1 Lima Puluh agar benar-benar mengetahui dan mematuhi aturan berlalu lintas.

Baca Juga : Pasca Ops Lilin Toba, Satlantas Polres Batu Bara Tilang 873 Pengendara

Pasaribu menjelaskan, ada 8 hal yang harus dipenuhi sebelum berkendara. Kedelapannya adalah pengenalan rambu lalu lintas, menyeberang di zebra cross, berjalan di sebelah kiri, berjalan di atas trotoar, dan berhenti ketika lampu merah.

“Kemudian tidak kebut-kebutan saat mengendarai kendaraan bermotor, tidak menggunakan knalpot brong dan gunakanlah helm SNI,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pasaribu juga menjelaskan resiko bila tidak mematuhi aturan berlalulintas. “Selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain,” tukasnya. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles