9.3 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Musim Hujan, Wapres Maruf Minta Antisipasi dan Mitigasi Bencana

Jakarta, MISTAR.ID

Memasuki musim hujan, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengantisipasi dan mitigasi bencana alam menjelang akhir tahun.

Pasalnya, Indonesia diprakirakan akan memasuki musim hujan mulai bulan Oktober hingga Desember 2023. Adapun pada November ini, beberapa wilayah di Indonesia pun sudah mendapatkan curah hujan tinggi.

Sehingga menyebabkan terjadinya kerawanan banjir dan longsor di sejumlah daerah. Maka itu, Wapres ke-13 RI ini menilai untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi akibat curah hujan tinggi, diperlukan antisipasi dan mitigasi yang baik dari semua pihak, termasuk Pemda.

Baca juga : Sumut Masuki Puncak Musim Hujan, Pj Gubernur Minta Kesiapsiagaan Ditingkatkan

“Harus disiapkan (mitigasi bencana) dan antisipasi,” terangnya saat memberikan Orasi Ilmiah pada Sidang Senat Terbuka di Aula Universitas Islam Nusantara (UNINUS), Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/11/23).

Dikatakan Wapres asal Tangerang itu, dari sisi masyarakat, seluruhnya diharapkan dapat melakukan antisipasi datangnya musim hujan ini, sebagai garda depan dalam penanggulangan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Masyarakat harus siap. Apalagi yang biasa kena banjir, atau kena longsor, itu sudah harus bersiap-siap untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Jadi masyarakat sendiri yang sudah paham, wah ini ada ini (potensi banjir dan longsor), kita harus siaga,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles