27.6 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Menteri Minta Dana Desa Dimanfaatkan Mengurangi Kemiskinan di Pedesaan

Jakarta, MISTAR.ID

Sekretaris Ditjen Administrasi Desa Kemendagri Paudah mengimbau seluruh pemerintah desa di Indonesia untuk meningkatkan kualitas belanja desa. Ia mengatakan akan lebih baik jika dana desa dimanfaatkan untuk mengurangi kemiskinan di pedesaan dan mengoptimalkan pembangunan pedesaan.

Dalam acara “Evaluasi dan Tindak Lanjut Unit Pelaksana Proyek Akuntabilitas Keuangan Lintas Komponen (PIU) Penguatan Program Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)“Dana desa pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi pengentasan kemiskinan desa dan pembangunan desa,” Paudah menekankan perlunya pemahaman aparatur desa.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kualitas belanja desa, Ditjen Pemdes menggelar acara P3PD guna memperkuat kapasitas kelembagaan desa. Dengan kapasitas yang kuat, aparatur desa dapat meningkatkan kualitas belanja desa, tambahnya.

Baca juga; Kades Minta Dana Desa Jadi Rp300 T, Luhut : Jangan Picu Pertikaian

Belanja desa yang berkualitas, kata dia, adalah belanja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Selain itu, belanja desa juga harus meningkatkan kuantitas atau kualitas kesehatan, pendidikan, dan pendapatan agar mampu memberikan kesejahteraan.

Paudah juga meminta semua pihak terkait untuk berkoordinasi secara konsisten guna memastikan kelancaran program, seperti tercapainya seluruh tujuan program P3D.

“Oleh karena itu, saya berharap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan P3PD dapat mendukung pencapaian yang dimaksud dan saling berkoordinasi untuk mencapai (target) program tersebut,” ujarnya.(antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles