11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Menteri Agama : Beri Kemudahan Kepada Jamaah Haji 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau jajaran Kementerian Agama semaksimal mungkin memastikan pelayanan yang detail dan berorientasi pada jemaah haji pada ibadah haji 2024 berjalan baik. Ia juga meminta agar memberikan kemudahan kepada jemaah haji.

“Saya meminta kepada seluruh pejabat untuk mempersiapkan ibadah haji secara detail. Penting untuk memperhatikan setiap aspek yang relevan,” ujarnya pada Kamis (11/1/24).

Ia menegaskan, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Kementerian agar bekerja maksimal dan memastikan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Ia juga mencatat, tahun ini pemerintah tetap mengusung tema “Haji Ramah Lansia”. Tema ini tidak lepas dari total jemaah lansia pada tahun ini mencapai sekitar 40 ribu orang.

“Ini salah satu peninggalan Presiden Joko Widodo. Pelayanan haji perlu terus kita persiapkan dengan menempatkan jamaah haji sebagai fokusnya,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa seluruh layanan harus memberikan kemudahan kepada jamaah haji Indonesia dalam menunaikan ibadah haji tahunan.

Baca juga: 3 Jemaah Haji Asal Sumut yang Sakit Masih Dirawat di Tanah Suci

Terpisah, Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi Waleed Abdulkarim menegaskan Pemerintah Saudi akan terus memperbaiki sistem, pengelolaan, dan pelayanan haji.

Perbaikan berkelanjutan sangat penting untuk melayani jamaah haji yang datang dari seluruh dunia dengan baik, termasuk dari Indonesia, katanya.

Abdulkarim mencatat bahwa pemerintah dan masyarakat Saudi memandang memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji sebagai tindakan mulia meski mengakui rumitnya persiapan haji.

Ia kemudian mengajak Kementerian Agama RI untuk terus menjaga komunikasi yang baik dengan Pemerintah Arab Saudi untuk menghadapi permasalahan dan tantangan yang mungkin terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji (antara/hm17).

Related Articles

Latest Articles