-4.9 C
New York
Sunday, February 25, 2024

KTT G20: Jokowi Sebut 2023 Bisa Lebih Suram Jika Kelangkaan Pupuk Tak Ditangani

Denpasar, MISTAR.ID

Presiden Jokowi bicara soal krisis pangan yang mengancam sejumlah negara. Jokowi mengatakan tahun 2023 bisa menjadi lebih suram jika kelangkaan pupuk tak ditangani.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pembukaan KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/22). Para pemimpin dunia hadir langsung di lokasi tersebut, mulai Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping.

Jokowi awalnya menyampaikan soal krisis yang terus terjadi. Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 hingga keuangan dirasakan negara-negara berkembang.

Baca Juga:Buka KTT G20, Jokowi Ingatkan Dunia Sedang Hadapi Krisis

“Para pemimpin yang saya hormati, dunia sedang mengalami tantangan luar biasa. Krisis demi krisis terjadi, pandemi Covid-19 belum usai, rivalitas terus menajam, perang terjadi, dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan energi dan keuangan sangat dirasakan dunia, terutama negara berkembang,” ujarnya.

Jokowi kemudian meminta para pemimpin dunia tidak menyepelekan masalah pupuk. Menurutnya, ketersediaan pupuk akan mempengaruhi sektor pangan pada 2023.

“Masalah pupuk jangan disepelekan. Jika kita tidak segera mengambil langkah agar ketersediaan pupuk mencukupi dengan harga terjangkau, maka 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram,” kata Jokowi.

Baca Juga:Ekonom: KTT G20 Diharapkan Hasilkan Kesepakatan untuk Hadapi Gejolak 2023

Jokowi juga mengatakan kelangkaan pupuk akan menyebabkan gagal panen di berbagai dunia. Gagal panen, lanjut Jokowi, akan mengakibatkan kerawanan pangan tertinggi.

“48 negara berkembang dengan tingkat kerawanan pangan tertinggi akan mengalami kondisi sangat serius,” ungkapnya. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles