10 C
New York
Friday, May 10, 2024

Kota Paling Layak Huni di Indonesia Versi IAP

Jakarta, MISTAR.ID

Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dalam laporan berjudul Indonesia Most Livable City Index (MLCI) 2022 belum lama ini merilis penilaian kota paling layak huni di Indonesia. Kota tersebut adalah Solo di Jawa Tengah.

IAP menjelaskan survei ini mencakup 52 kota di 32 provinsi dengan 28 kategori evaluasi, seperti keamanan, politik, keselamatan, kesehatan, kebersihan, dan perekonomian.

Metodologi penelitian melibatkan metode survei berbasis aplikasi dan metode sampling dengan hasil yang dikelompokkan ke dalam tiga tingkatan, yakni Top Tier City (skor 70-77), Average Tier City (skor rata-rata 69), dan Bottom Tier City (skor 61-68).

Baca juga: Hunian Hotel Bintang 5 di Sumut Naik 68 Persen

“Solo sendiri mendapat skor tertinggi, yakni  77 dari 28 kategori. Disusul Yogyakarta di peringkat kedua dengan skor 75, dan Cirebon di peringkat ketiga dengan skor 74. Peringkat keempat dan kelima ditempati oleh Magelang dan Semarang dengan skor masing-masing 73,” jelas perwakilan IAP dalam laporan tertulisnya, Kamis (23/11/23).

Kota-kota seperti Jambi, Bandar Lampung, Binjai, Palopo, Pontianak, Tangerang, Balikpapan, Dumai, dan Jayapura masuk dalam kategori Average Tier City dengan skor 69.

Sementara itu, kota-kota seperti Depok, Tegal, Pekanbaru, dan Padang masuk dalam kategori Bottom Tier City dengan skor di bawah rata-rata. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles