10.6 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Kecanggihan Senapan Pindad SS1 Andalan Senapan Serbu Paspampres

Jakarta, MISTAR.ID

Misi utama Paspampre adalah memberikan pengamanan fisik secara langsung dan terdekat kapan saja, di mana saja untuk Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia dan tamu setingkat Kepala Negara atau Kepala Negara. pemerintah dan keluarga mereka.

Selain itu, Paspampres juga memiliki tugas keprotokolan khusus pada upacara kenegaraan yang berlangsung baik di dalam maupun di luar istana presiden. Semua untuk mendukung tugas pokok TNI.

Untuk mendukung misi pengamanan, Paspampres dilengkapi dengan senjata ofensif yang canggih dan modern. Berdasarkan situs resmi PT Pindad berikut informasi dan fitur-fitur seputar SS1:

1. SS1-M1 Kal. 5.56mm

SS1-M1 dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan satuan TNI-AL angkatan laut. Oleh karena itu, pekerjaan pengembangan sedang dilakukan dengan memberikan lapisan khusus yang akan membuat pistol SS1-M1 tahan karat, sehingga dapat digunakan di area laut dan perairan tanpa batasan. Istilah M sendiri berbeda dengan kata Marinized.

Baca juga : Warga AS Dukung Pembatasan Kepemilikan Senjata Api

2. SS1-V1 Kal. 5.56mm

Ini adalah senapan serbu pertama yang diadopsi langsung oleh FN FNC. Senapan ini memiliki berat kosong 4,02 kg dan berat bermuatan 4,38 kg. SS-1 V1 dapat menembak dengan sangat akurat hingga jarak 400 meter menggunakan amunisi standar NATO 5.56x45mm dan panjang laras 449mm. Mobilitas saat menggunakan SS1 dapat difasilitasi dengan popor lipat.

3. SS1-V2 Kal. 5.56mm

Ini adalah pengembangan dari senapan serbu SS1-V1, diambil langsung dari FN FNC. Perbedaannya terletak pada bobotnya: senapan ini memiliki bobot kosong 3,93 kg dan bobot muatan 4,29 kg, lebih ringan dari versi sebelumnya, dan panjang larasnya telah dikurangi menjadi 363 mm. Pasalnya, amunisinya masih menggunakan standar NATO kaliber 5,56 x 45 mm.

4. SS1-V5 Kal. 5.56mm

Ini adalah versi SS1 gaya karabin yang dirancang untuk pertempuran jarak dekat, seperti pertempuran perkotaan, yang membutuhkan mobilitas tinggi dan akurasi yang baik pada jarak dekat. Karena itu, SS1-V5 lebih ringan, beratnya hanya 3,73 kg, memiliki laras yang lebih pendek (252 mm) dan dimensi yang lebih kecil.

5. Kal SS1-R5. 5.56mm

Ini adalah versi SS1 gaya karabin yang dirancang untuk pertempuran jarak dekat, seperti pertempuran perkotaan, yang membutuhkan mobilitas tinggi dan akurasi yang baik pada jarak dekat. Karena itu, SS1-V5 lebih ringan, beratnya hanya 3,73 kg, memiliki laras yang lebih pendek (252 mm) dan dimensi yang lebih kecil. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles