5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Kapal Selam Terbaru RI Dikirim Tahun Depan

Jakarta, MISTAR.ID
Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero) Utario Esna Putra menjelaskan, seremoni penyerahan kapal selam dari PT PAL sebagai perakit ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mengalami penggeseran waktu pelaksanaan.

Kapal selam terbaru Indonesia yang direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020, akhirnya molor. Kapal selam rakitan PT PAL Indonesia baru dikirim pada Januari 2021.

“Lebih tepatnya acara seremonial serah-terima digeser tanggal 15 Januari 2021 supaya bertepatan dengan Hari Dharma Samudera sesuai arahan Bapak Kasal,” kata Utario, Senin (21/12/20).

Ia mengatakan, hal ini merujuk pada pernyataan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono sebelumnya. Yudo sempat mengunjungi galangan kapal nasional PT PAL Indonesia (Persero) dan meninjau kapal selam KRI Alugoro buatan putra-putri Indonesia di Surabaya, Senin (7/12/20).

Baca Juga:Kapal Selam Buatan RI Ini Bikin Geger ASEAN

KRI Alugoro merupakan salah satu kapal selam yang dibangun atas kerjasama antara PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

“Kapal selam ini sudah dilaksanakan uji fungsi. dan rencananya akan didelivery pada tanggal 15 Januari 2021 bertepatan Hari Dharma Samudera,” kata Yudo.

Yudo berharap, PT PAL Indonesia menjadi semakin maju dan mampu bersaing dengan pabrikan di luar negeri. Selain itu, mengajak seluruh elemen secara bersama-sama membangun dan membesarkan PT PAL Indonesia yang menjadi andalan bangsa, untuk menghilangkan ketergantungan terhadap negara lain.

Baca Juga:Kapal Selam Nuklir China Terpantau Satelit di LCS

“Para pemimpin negeri ini berangan-angan, mampu membangun kapal-kapal yang canggih di negeri sendiri. Angkatan Laut sebagai pengguna, PT PAL sebagai pembangun dan Kemenhan sebagai penyedia dana harus bersinergi demi kejayaan negeri kita,” kata Yudo.

Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari Batch Pertama kerjasama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).(cnbc/hm10)

Related Articles

Latest Articles