14.3 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Jokowi: Proteksi Dagang Negara Lain Jadi Peluang bagi Ekspor Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa gelombang proteksi dagang yang dilakukan oleh banyak negara akibat ketegangan perang dagang global dapat menjadi peluang bagi Indonesia.

Menurut Jokowi, negara-negara yang mulai menahan ekspor barang pentingnya memberikan celah bagi produk-produk lokal Indonesia untuk mengisi kekosongan di pasar global.

“Saat banyak negara melakukan restriksi akibat perang dagang, menurut saya di situ ada peluang. Saat banyak negara mengalami inflasi tinggi, menurut saya di sana juga ada peluang,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada acara Trade Expo Indonesia 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (9/10/24) yang dilansir dari Detik.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Santap Malam Bersama, Bahas Transisi Pemerintahan

Jokowi menekankan pentingnya memanfaatkan momen ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan ekspor produk lokal. Menurutnya, Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk dalam negeri sehingga dapat menembus pasar global yang lebih luas.

“Kita harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk mendorong pertumbuhan ekspor yang lebih tinggi lagi dan untuk meningkatkan kualitas serta daya saing produk-produk kita,” tambahnya.

Trade Expo Indonesia 2024 yang digelar oleh Kementerian Perdagangan menjadi platform penting untuk memperkenalkan produk lokal kepada masyarakat dunia. Jokowi berharap ajang ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para produsen lokal untuk memperluas akses ke pasar internasional.

“Saya menyambut baik Trade Expo Indonesia yang ke-39 ini sebagai pameran produk ekspor terbesar di Indonesia yang dilakukan secara hybrid, baik offline maupun virtual, untuk memasarkan produk-produk unggulan kita ke pasar dunia,” pungkas Jokowi. (dtc/hm25)

Related Articles

Latest Articles