17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Jokowi Bersama Keluarga Sholat Idul Adha di Gedung Agung Yogyakarta

Yogyakarta, MISTAR.ID

Komplek Gedung Agung Istana Kepresidenan di Titik Nol Yogyakarta, pada Kamis (29/6/23), dipadati ribuan warga untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H. Presiden Joko Widodo juga melaksanakan Sholat Idul Adha bersama keluarganya di lokasi itu.

Jokowi tiba di Gedung Agung sekitar pukul 05.55 WIB WIB dan menempati shaf pertama tepat di belakang imam. Presiden duduk berdampingan dengan kakak iparnya, Haryanto.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga ipar Jokowi, Anwar Usman berada di barisan shaf pertama dan duduk di samping Presiden. Selain itu, tampak juga Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo.

Baca juga: Seribuan Umat Muslim Siantar Sholat Idul Adha di Lapangan USI

Sementara itu shaf kedua dijaga anggota Paspampres mengenakan baju batik hingga beberapa baris ke belakang. Adik Jokowi, Idayati yang merupakan istri Anwar juga tampak mengikuti Sholat Id.

Pelaksanaan sholat diimami dan bertindak selaku khatib, Jauhar Mustofa. Dia menyampaikan, tahun 2022 lalu dilanda Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban, sebagai ujian meningkatkan ketaatan kepada Tuhan, termasuk dalam interaksi sosial.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY itu mengatakan, Indonesia diuji dengan kondisi yang berat, salah satunya dengan Covid-19.

“Namun dengan bersabar, maka bisa melewatinya. Kita harus selalu bersyukur, maka bisa senantiasa melewati ujian,” paparnya.

Baca juga: Sholat Idul Adha 1444 H, Warga Muhamadiyah Penuhi 2 Titik Lokasi Ini

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan Sholat Idul Adha di Gedung Agung, pada Kamis (29/6/23).

Sebelumnya Jokowi telah tiba di Gedung Agung sejak Selasa (27/6/23) bersama cucunya, yakni Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution dan Panembahan Al Saud Nasution.

Untuk merayakan Idul Adha tahun ini, Jokowi mengurbankan 38 ekor sapi yang dibagikan ke 38 provinsi di Indonesia. (cnn/okz/hm16)

Related Articles

Latest Articles