23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Situasi Dini Hari Perayaan Idul Adha, Pasar Raya MMTC Dipadati Pengujung

Deli Serdang, MISTAR.ID

Menjelang dini hari menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, pada Kamis (29/6/23) sekitar pukul 02.30 WIB, Pasar Raya  Medan Mega Trade Centre (MMTC) di Jalan Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang tampak semakin ramai dipadati pengunjung yang berbelanja kebutuhan dapur, khususnya sayur mayur.

Para pedagang pun mengaku, banyak mendapatkan peningkatan permintaan barang tahun ini, dibandingkan dengan perayaan serupa tahun sebelumnya.

Mereka juga menjelaskan, berbagai macam stok jenis sayuran yang dijual di Pasar Raya MMTC, berasal dari Berastagi maupun wilayah Kabupaten Karo lainnya. Paling banyak diminati, seperti sayur putih, sayur manis, kol, jipang, wortel, buncis, kentang, daun sop, serta tak ketinggalan cabai dan bawang.

Baca juga: Pengaruh Harga Lebih Murah dan Kualitas Lebih Terjamin, Pasar Sayuran di MMTC Dipadati Pengunjung

Tentu saja para pedagang harus menyediakan lebih banyak stok barang dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Karena menilai dan melihat kondisi pembeli sudah diprediksi bakal semakin ramai menjelang Idul Adha.

Salah satu pedagang yang biasa disapa Bu Joni oleh pembeli menuturkan, harga sayuran yang dijual hari ini mengalami sedikit kenaikan dari sebelumnya. “Bahkan ada beberapa jenis yang mencapai 2 kali lipat dari harga sebelumnya,” ucapnya pada mistar.id.

Diakuinya, akhir-akhir ini dagangannya selalu habis diserbu para pembeli. Ia juga menambahkan, biasanya pada malam takbiran seperti ini lebih banyak orang memilih jalan-jalan atau berkunjung ke rumah saudaranya masing-masing.

“Namun kali ini sepertinya banyak yang berkunjung ke Pasar Raya MMTC,” ucapnya dengan wajah gembira.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan: Stok dan Harga Bahan Pokok di Medan Sekitarnya Stabil

Pedagang lainnya, Amin juga mengatakan, kalau hari ini dagangannya cepat habis dan laris manis. Kalau pun ada stok tersisa, Amin mengakui, tidak susah menjualnya, karena pembelinya juga lebih awal datang berbelanja untuk persiapan Idul Adha.

Salah seorang pengunjung pasar, warga Lubuk Pakam, Epi Tarigan mengatakan, harus datang lebih awal  berbelanja hari ini dibanding hari-hari biasanya. Karena hari ini ada acara pemotongan hewan kurban usai Sholat Id.

“Jadi lebih cepat lah belanjanya dan stok yang dibeli juga lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan menyambut Idul Adha ini,” ungkap Epi.

Pantauan mistar.id, situasi di Pasar Raya MMTC terlihat padat pengunjung sejak menjelang tengah malam pukul 23.00 WIB sampai pagi pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Adha 1444 H, Bupati Sergai Tinjau Pasar

Di samping aktivitas transaksi jual beli, hiruk pikuk pasar juga disibukkan dengan banyaknya kegiatan bongkar muat barang yang tak jauh dari lokasi pasar.

Petugas pengawas keamanan tampak memantau dan mengelilingi area pasar, guna mengantisipasi tindak kejahatan dan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. (saferius/hm16)

Related Articles

Latest Articles