8.9 C
New York
Friday, October 11, 2024

Istana Negara IKN dan Istana Garuda Diresmikan, ini Perbedaan Keduanya

Jakarta, MISTAR.ID

Dua istana yang sama-sama berada di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur yakni Istana Negara dan Istana Garuda, diresmikan hari ini, Jumat (11/10/24).

Jadwal peresmian yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

“Peresmian Istana Negara dan Istana Garuda,” sebutnya.

Meski sama-sama berlokasi di Zona 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), namun kedua istana itu merupakan dua titik berbeda yang jadi bagian dari Istana Kepresidenan di IKN. Demikian dilansir CNN.

Baca juga: Prabowo Masih Kaji Keppres Pemindahan Ibukota ke IKN

Pada awal Agustus 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Basuki Hadimuljono yang juga Plt Kepala Otorita IKN, mengatakan Istana Negara IKN meliputi basement dan lantai dasar serta lapangan upacara.

Istana Negara IKN, katanya, juga digambarkan sebagai bangunan megah yang jadi kediaman resmi Presiden Indonesia.

Sedangkan, Istana Garuda merupakan area khusus wilayah kantor presiden. Dari letak posisinya, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara yakni pada dataran lahan yang lebih tinggi.

Istana Garuda, kata Basuki, akan menjadi tempat Presiden melakukan aktivitas kerja rutin, seperti menerima tamu audiensi, dan menggelar rapat. Istana Garuda diproyeksi mirip fungsinya dengan Istana Merdeka Jakarta.

Selanjutnya, dari sisi tampilan, Istana Garuda lebih mencolok dibandingkan dengan Istana Negara IKN lantaran keberadaan Burung Garuda Raksasa yang memiliki bentang sayap sepanjang 177 meter dan tinggi 77 meter. (cnn/hm27).

Related Articles

Latest Articles