16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Indonesia Larang Awak Kapal Asing Turun ke Pelabuhan

Jakarta, MISTAR.ID
Pemerintah memperketat pintu masuk ke Indonesia seiring merebaknya varian baru covid-19. Pengetatan salah satunya melalui jalur laut.

“Kita di laut untuk kapal asing yang masuk ke Indonesia kita batasi agar personelnya jangan sampai turun (ke pelabuhan),” kata Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, ditemui di sela tinjauan Serbuan Vaksinasi di sebuah pusat perbelanjaan di Gunung Sahari, Jakarta Utara, Rabu, 22 September 2021.

Setidaknya ada 10 pelabuhan internasional yang menjadi akses keluar masuk kapal asing. Yudo mencontohkan kapal perang asing saat ini transit di pelabuhan.

Baca juga: Satu Jenazah dan Enam ABK Dipulangkan dari Kapal Berbendera China

“Yang biasanya mereka (personel/awak kapal) bisa pesiar sekarang enggak boleh, tetap di kapal saja. Nanti kalau ada pengiriman bekal, tetap dikirim tentunya dengan protokol kesehatan,” kata Yudo.

TNI AL bekerja sama dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di Indonesia menjaga personel kapal asing tidak turun ke dermaga. Mengingat, kapal asing tidak bisa dilarang memasuki perairan Indonesia.

“Karena ini juga menyangkut ekonomi, kalau mereka (kapal) tidak boleh masuk gimana? Karena kapal-kapal ini kan membawa kontainer maupun kapal yang membawa ekspor impor,” ujar dia.

Baca juga: Satu Jenazah dan Enam ABK Dipulangkan dari Kapal Berbendera China

Yudo mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, meski sudah tervaksinasi.
Dia tak ingin kasus covid-19 kembali meningkat karena varian baru covid-19.

“Bayak negara yang sudah turun lalu dia naik lagi (kasusnya), jadi kita jangan sampai lengah,” tutur dia. (medcom/hm06)

Related Articles

Latest Articles