15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Indonesia Kekurangan Kapal Pengawasan Laut

Jakarta, MISTAR.ID

Pengawasan wilayah lautan Indonesia masih kurang optimal, dikarenakan masih kekurangan kapal. Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengatakan hal itu.

“(Kapal) kurang. Kurang, masih kurang,” kata Aan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (30/6/20).

Aan merinci saat ini Bakamla hanya memiliki 10 kapal besar dan kurang lebih 20 kapal kecil. Kata Aan, jumlah ini tak bisa menjangkau semua perairan Indonesia yang begitu luas.

Baca Juga: Konflik AS dan China Berdampak ke Indonesia

“Kapal besarnya ada 10, yang kecil-kecil itu ada 20-an,” kata Aan.

Aan mengatakan setidaknya perlu ada penambahan kapal hingga 30 untuk ukuran besar. Tentu digunakan untuk mengawasi wilayah perairan Indonesia secara optimal.

Ada rencana pembelian kapal di tahun 2021. Akan tetapi, ada pandemi virus corona (Covid-19) yang berdampak pada keuangan negara. Berkenaan dengan hal itu, akan ada hal-hal yang dipertimbangkan lebih lanjut sebelum membeli kapal.

Baca Juga: Klaim China Di Laut China Selatan Resmi Ditolak Indonesia

“Ada rencana tahun depan mungkin. Ini kan lagi Covid juga, kan pemerintah lagi susah. Masalah keuangan itu kan harus dipikirkan juga. Sekarang kan lagi fokus menanggulangi saudara-saudara yang terkena Covid,” kata Aan.

Andai Bakamla tak bisa membeli kapal dalam waktu dekat, Aan mengatakan ada opsi yang bisa diambil untuk menjaga wilayah perairan Indonesia. Opsi yang dimaksud adalah kerja sama dengan lembaga lain yang ranah kerjanya juga di sektor kelautan.

“Ada penggabungan dari beberapa kementerian lembaga itu bisa mempermudah. Enggak harus beli semua, Enggak usah beli lagi kalau gabung. Ibaratnya sudah ada kapalnya tinggal masuk aja,” kata dia.(CNN/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles