12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Hari Ini Tiba di Indonesia, Berikut Jadwal Lengkap Kegiatan Paus Fransiskus

Jakarta, MISTAR.ID

Direncanakan Paus Fransiskus akan menggelar kunjungan apostolik ke Indonesia mulai tanggal 3-6 September 2024. Paus diagendakan tiba di Indonesia, pada Selasa (3/9/24).

Indonesia merupakan negara pertama yang didatangi dalam rangkaian kunjungan ke kawasan Asia Pasifik.

Lawatan mengusung tema ‘Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa’ itu merupakan bagian dari misi Paus dalam memperkuat hubungan persaudaraan antar umat beragama di wilayah tersebut.

Baca juga:Kunjungi Indonesia, Berikut Agenda Kegiatan Paus Fransiskus

Kedatangan Paus ke Tanah Air merupakan momen bersejarah yang sangat ditunggu oleh umat Katolik di Indonesia. Kunjungan ini juga sebagai tindakan penting dalam meningkatkan dialog antar agama dan memperkuat persaudaraan di Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Sesampainya di Indonesia, Paus bakal melakukan sejumlah kegiatan, termasuk kunjungan kehormatan ke Istana Merdeka dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Paus juga diagendakan memimpin misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang bakal dihadiri lebih dari 80 ribu umat Katolik dari seluruh Indonesia.

Ini jadwal lengkap di Indonesia seperti yang diumumkan oleh Tim Media Kunjungan Paus Fransiskus.

Baca juga:Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia, Pererat Hubungan PBNU-Vatikan

Senin (2/9/24) berangkat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino menuju Jakarta. Selasa (3/9/24) sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Rabu (4/9/24) kunjungan kehormatan pada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Kemudian melakukan pertemuan dengan perwakilan pemerintah, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara, Jakarta.

Mengadakan perjumpaan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, Jakarta. Lalu menggelar pertemuan dengan uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral, Jakarta.

Kamis (5/9/24) menghadiri pertemuan antar agama dan bertemu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, di Masjid Istiqlal, Jakarta. Selanjutnya pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat KWI, Jakarta, dan memimpin misa kudus di Stadion GBK.

Baca juga:Mantan Menhub Ditunjuk Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus

Jumat (6/9/24) terbang dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini.

Kunjungan itu bukan cuma sebagai menjadi momen penting bagi komunitas Katolik di Indonesia, namun sebagai simbol persatuan dan dialog antar agama yang diusung oleh Paus.

Melalui sejumlah agenda penting selama kunjungannya, diharapkan pesan perdamaian dan persaudaraan ini bisa semakin memperkokoh hubungan antara umat beragama di Indonesia dan Asia Pasifik. (lptn6/hm16)

Related Articles

Latest Articles