7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Gunung Ruang Berstatus Awas, Basarnas Tambah Tim Evakuasi Warga

Menado, MISTAR.ID

Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Manado menambah jumlah personel sebagai bagian dari upaya mitigasi penanganan bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Manado Monce Brury di sini, Kamis, mengatakan, saat ini pihaknya telah menambah 10 personel yang dilengkapi peralatan pendukung untuk mengevakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang.

Makanya, tim Basarnas mengerahkan 35 personel untuk membantu penanganan bencana tersebut, ujarnya.

Dia menjelaskan, Kamis sore, Basarnas telah mengevakuasi warga sekitar, pegawai, dan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Tagulandang dari Tagulandang ke Manado.

Baca juga: Erupsi Gunung Ruang Dipicu Gempa Tektonik?

Basarnas akan selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi pemerintah daerah untuk menjamin keselamatan masyarakat, ujarnya.

Ia mengatakan, intensitas aktivitas Gunung Ruang semakin meningkat setelah gunung tersebut meletus dan memuntahkan lava serta batuan tadi malam.

Tim SAR Gabungan mengimbau masyarakat yang berada dalam radius lima kilometer segera mengungsi untuk mencegah adanya korban jiwa.

Seluruh instansi penanganan di Manado, baik TNI, Polri, personel siaga bencana (Tagana), hingga tim calon SAR, telah diberangkatkan ke Tagulandang untuk membantu mengevakuasi warga sekitar. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles