17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Gunung Anak Krakatau Semburkan 1.000 Meter Abu Vulkanik

Lampung, MISTAR.ID

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, mengalami erupsi, Minggu (10/9/23) pukul 12:36 WIB. Terlihat, abu setinggi sekitar 1.000 meter di atas puncak gunung atau sekitar 1.157 meter di atas permukaan laut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Jakarta telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai erupsi ini. Abu vulkanik yang diketahui berwarna kelabu hingga hitam, dengan intensitas yang cukup tebal.

Arahnya condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum mencapai 70 milimeter dan berlangsung selama sekitar tiga menit 52 detik.

“Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada pada status level III atau siaga. Oleh karena itu, masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki dihimbau untuk tidak mendekati gunung serta tidak melakukan aktivitas di dalam radius lima kilometer dari kawah aktif,” imbau PVMBG.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Pagi Ini

Kondisi gunung saat ini tertutup oleh kabut, sehingga asap kawah tidak dapat teramati dengan jelas. Cuaca di sekitarnya cenderung berawan dengan angin yang bergerak lemah ke arah barat laut.

Suhu udara di sekitar gunung adalah sekitar 27 derajat celcius, dengan kelembaban berkisar antara 39 hingga 53 persen.

PVMBG juga mencatat bahwa telah terjadi satu kali gempa Tremor Meneru. Perlu diketahui, Gunung Anak Krakatau telah mengalami erupsi sebanyak enam kali selama Juni 2023. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles