17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Firli Bahuri Diminta Segera Non Aktif Jadi Ketua KPK

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri diminta untuk segera non aktif dari posisinya karena masih terlibat dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). Permintaan ini datang dari mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo.

“Jika Firli tidak mengundurkan diri, maka integritas KPK yang akan terganggu. Saya mengusulkan agar Firli segera mengundurkan diri dari jabatannya,” kata Yudi, Sabtu (28/10/23).

Menurut Yudi, biasanya pemecatan atau penonaktifan pemimpin KPK hanya dapat dilakukan jika mereka menjadi tersangka. Namun, Yudi berharap bahwa Firli akan lebih memprioritaskan kepentingan KPK sebagai lembaga, bukan hanya kepentingan pribadi.

Baca juga: Rumah Ketua KPK Firli Bahuri yang Digeledah Polisi Dicurigai Tempat Pertemuan Bahas Korupsi

“Kita harus menjaga kepercayaan publik terhadap KPK agar tidak semakin terkikis,” tambahnya.

Kasus dugaan pemerasan yang melibatkan Firli sudah sampai pada tahap penggeledahan rumah Firli Bahuri di Bekasi, Jawa Barat. Penggeledahan dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Kamis (26/10/23) lalu.

Dugaan Firli terlibat dalam kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo setelah adanya foto yang beredar antara Firli Bahuri yang sedang berbicara dengan Syahrul di sebuah lapangan bulu tangkis. (kompas/hm20)

Related Articles

Latest Articles