16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Empat Fakta Menarik Dibalik Munculnya Hari Batik Nasional

Jakarta, MISTAR.ID

Batik merupakan kain Indonesia bergambar yang pengerjaannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Lalu pengolahannya dikerjakan dengan cara tertentu yang mempunyai kekhasan.

Menjadi bangsa Indonesia sudah sewajarnya mencintai, menjunjung tinggi dan merawat kelestarian batik. Sebagai contoh dengan memakanua di sejumlah kesempatan hingga mengabadikannya melalui peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober.

Membahas terkait batik, banyak fakta luar biasa yang harus diketahui. Benarkah perayaan Hari Batik Nasional ada hubungan dengan kebijakan UNESCO?

Baca juga: Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Jemaah Haji 2024, Kemenag Siantar : Daftarnya Melalui Online

Walaupun masih ada segelintir warga Indonesia yang sungkan menggunakan pakaian itu, orang luar negeri justru merasa gembira memakainya.

Berikut sejumlah fakta menarik mengenai batik

1.Pencetusnya dari Surakarta

K.R.T Hardjonagoro atau sering dipanggil Go Tik Swan merupakan budayawan asal Surakarta yang tercatat menjadi pencetus batik Indonesia.

Baca juga: 34 Kontingen Pramuka Asal Sumut Perkenalkan Cara Membatik di Jambore Korsel

Dirinya sukses mempromosikan batik hingga ke luar negeri. Bahkan, batiknya menjadi langganan koleksi museum di negara Eropa, Amerika sampai Australia.

Go Tik Swan sudah memproduksi lebih dari 200 motif batik Indonesia, sehingga menerima banyak penghargaan. Seperti Satya Lencana Kebudayaan dari pemerintah pada tahun 2001 dan Bintang Sri Kabadya dari Keraton Surakarta.

Dirangkum dari situs Pemerintah Kota Surakarta, pria yang tutup usia pada 5 November 2008 lalu mempelajari pengetahuan ilmu batik membatik dari ibu mendiang almarhum Susuhunan Pakubuwana XII yang kala itu menyimpan berjenis pola batik belum dikenal masyarakat.

  1. Peran UNESCOdi Hari Batik Nasional

Baca juga: Baju Batik SMPN 1 Dolok Pardamean Era Bupati JR Saragih Ditarik dari Pelajar, Kepsek: Sudah Lama Itu

Mengapa UNESCO memiliki peran dalam cikal bakal Hari Batik Nasional? Ketika itu 2 Oktober 2019 UNESCO melaksanakan sidang ke 4 komite antar pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dalam kegiatan itu, batik dihargai UNESCO menjadi Warisan Budaya Tak Benda atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Related Articles

Latest Articles