21.9 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

DPR Dukung Kementerian ATR/BPN Nambah Anggaran Hingga Rp14 Triliun

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, mengatakan jika pihaknya mendukung Kementerian ATR/BPN untuk mengajukan penambahan anggaran hingga Rp 14 triliun lebih.

Junimart menjanjikan bahwa Komisi II akan meminta Kementerian Keuangan untuk merealisasikan penambahan anggaran tersebut demi mendukung kinerja Kementerian ATR/BPN yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Komisi II ada anggota banggar (badan anggaran). Kami akan mendorong Kementerian Keuangan, bukan hanya Rp 14 triliun. Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian ATR/BPN supaya anggarannya dievaluasi kembali,” kata Junimart di Denpasar, Bali, Jumat (14/6/24).

Baca juga: Menteri Jokowi Rame-rame Minta Tambah Anggaran di 2025

Penambahan anggaran tersebut dianggap perlu dalam mengintegrasikan layanan pertanahan dengan kementerian lain, yang membutuhkan biaya besar. Selain itu, pegawai di kementerian tersebut juga membutuhkan anggaran yang memadai, terutama yang berkaitan dengan hukum.

“Karena dalam praktiknya, hampir 40 persen, kepala kantor pertanahan itu selalu terganggu ketika harus berurusan dengan para APH (aparat penegak hukum),” ujar Junimart.

Meski demikian, Junimart belum dapat menyebutkan nominal anggaran yang ideal untuk Kementerian ATR/BPN dan menunggu permintaan anggaran dari kementerian tersebut.

“Kami menunggu rekan-rekan Kementerian ATR/BPN untuk mengajukan anggaran pasti,” tegasnya.

Sebelumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah mengajukan anggaran sebesar Rp6,454 triliun untuk tahun 2025 dalam rapat dengan Komisi II DPR RI, Selasa (11/6/24). (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles