16 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Cak Imin Akui Perdana Ziarah ke Makam Sunan Ampel Bersama Anies

Surabaya, MISTAR.ID

Pasangan Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Baswedan dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berziarah ke makam Sunan Ampel, Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Anies dan Cak Imin datang bersama setelah mengisi Halaqoh Pemikiran Politik di Hotel Arcadia, Surabaya, pada Sabtu (9/9/23). Keduannya kompak memakai baju kokoh berwarna putih saaat tiba di komplek Makam Sunan Ampel.

Kedatangan keduanya sudah dinanti-anti masyarakat. Warga saling berdesak-desakan ketika melihat Anies dan Cak Imin berjalan menuju area pemakaman.

Baca juga: Begini Pentingnya Pemanggilan Cak Imin ke KPK

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem, Ahmad Ali dan beberapa elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ikut bersama rombongan. Sesampainya di komplek pemakaman, rombongan Anies-Cak Imin langsung bergegas mengambil tempat untuk berziarah.

Anis-Cak Imin duduk di depan makam makam bersama beberapa kiai. Keduanya tampak berdoa secara khusyuk, disertai lantunan doa pun terdengar.

Ketua Umum (Ketum) PKB ini mengatakan, merupakan kali pertama dilakukannya ziarah bersama Anies. Dipilihnya berziarah ke makam Sunan Ampel bersama amntan Gubernur DKI dimaksud bukan tanpa alasan.

Baca juga: Cak Imin Diperiksa di Jakarta, KPK Geledah Rumah Reyna Usman di Bali

“Sunan Ampel adalah wali tertua yang mempunyai anak para pejuang Islam di Indonesia. Beliau memberikan banyak warisan ilmu pengetahuan dan strategi membangun masyarakat, bahkan sudah berhasil merajut hubungan antara ulama dan pemerintah. Sehingga terjadi kehidupan keagamaan yang solid beserta seluruh program-program pemerintahan,” kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Cak Imin menyampaikan, jika ziarah Wali Songo itu mulai dari ampel atau di akhiri di ampel.

Mulai tangga; 8-11 September 2023 digelar Tour de Wali Songo. Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakretrans) ini bersama rombongan PKB berkeliling ziarah ke makam para wali di Cirebon hingga Surabaya. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles