15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BUMN Dilarang Gelar Halal Bihalal Usai Lebaran

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memerintahkan seluruh perangkat Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah tidak menggelar halal bihalal usai perayaan Idulfitri 1444 Hijriah.

Dalam pernyataan terbarunya yang diunggah via Instagram, Senin (24/4/23), Erick meminta kepada seluruh jajaran BUMN untuk fokus menjalankan rekrutmen dan pembuatan pasar murah.

“Menteri BUMN dan jajaran Kementerian BUMN tidak melaksanakan halal bihalal di lingkungan kementerian,” tulis Erick dalam unggahan tersebut, Senin (24/4/23).

Baca Juga:25 Tahun Kementerian BUMN, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Jalan Sehat

“Memerintahkan kepada semua BUMN untuk tidak melaksanakan halal bihalal tapi segera fokus menjalankan rencana rekrutmen BUMN dan juga pembuatan pasar murah secara bersama,” imbuhnya.

Selain itu, Erick juga mengimbau kepada para pemudik asal Jakarta untuk menuruti anjuran Pemerintah agar menunda kepulangan usai mudik.

“Bagi yang kembali ke Jakarta, agar mengikuti anjuran Pemerintah sehingga dapat mengurangi kemacetan,” kata Erick.

“Hati-hati di jalan, istirahat bila lelah. BUMN juga membuka layanan di rest area sepanjang jalur tol,” tambahnya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebelumnya mengatakan gelar griya atau open house saat Idulfitri bagi pejabat hanya diperuntukkan bagi keluarga.

“Open house hanya untuk keluarga dan famili dekat,” kata Heru.

Pernyataan itu menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo yang memperbolehkan para pejabat berkumpul bersama keluarga saat Idulfitri 2023. Heru berkata open house boleh dilaksanakan, tetapi dalam lingkup terbatas.

Jokowi sempat menyampaikan pejabat dan jajaran pemerintah boleh berkumpul dengan keluarga saat Lebaran nanti. Dia berkata masyarakat sudah lama tak membuat acara kumpul bersama keluarga karena pandemi Covid-19.

“Kita kan sudah tiga tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya memberikan keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya,” ucap Jokowi di Depok, Kamis (13/4/23) lalu.

Meski demikian, Jokowi tidak akan menggelar open house seperti Lebaran sebelum pandemi. Ia hanya akan berkumpul bersama keluarga dan perangkat negara dalam jumlah terbatas tahun ini.

Baca Juga:Erick Thohir Siap Luncurkan Mudik Gratis BUMN

Indonesia menerapkan pembatasan sosial selama pandemi Covid-19. Pemerintah mencabut pembatasan tersebut pada akhir 2022.

Tahun ini adalah pertama kalinya masyarakat Indonesia menjalani Ramadan dan Idulfitri tanpa pembatasan sosial. Masyarakat pun diperbolehkan mudik saat Lebaran.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles