15.3 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Halal Bihalal 1445 Hijriyah di Darul Mursyid JSR: Mari Tingkatkan Silaturahmi dan Prestasi

Tapsel, MISTAR.ID

Lewat momen halal bihalal, Idul Fitri 1445 Hijriyah harus dimaknai sebagai ajang dalam meningkatkan kualitas diri dari segi silaturahmi, prestasi dan keimanan. Hal ini diungkapkan Jafar Syahbuddin Ritonga, yang akrab disapa JSR, saat mengikuti halal bihalal, di Pesantren Darul Mursyid, Senin (22/4/2024).

“Selain sebagai penyempurna amal ibadah dan pembentukan karakter peserta didik, kegiatan (halal bihalal) ini, juga harus menjadi ajang silaturahmi di bulan Syawal yang penuh berkah ini,” tutur alumni S3 USM Malaysia yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) ini.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan tidak hanya sekedar kegiatan seremonial semata, namun harus dijadikan sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun di lingkungan pesantren.

Baca juga: Masyarakat Sergai Diajak Pererat Silaturahmi saat Momen Halal Bihalal

Kepala Divisi Humas dan Pemberdayaan Umat Pesantren Darul Mursyid, Asep Safaat Siregar pada wartawan menjelaskan,  kegiatan halal bi halal di Pesantren Darul Mursyid adalah salah satu agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Lewat kegiatan tahunan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan penyempurnaan amal ibadah di bulan yang Fitri. Selain itu, juga sebagai pembentuk karakter bagi seluruh siswa dan siswi bahwa sesama muslim sudah seharusnya saling memaafkan.

“Acara halal bihalal diawali dengan shalawat dan doa bersama, untuk mendoakan kemajuan Pesantren Darul Mursyid serta diberikan kesembuhan untuk siswa dan guru yang sedang sakit. Pada saat acara itu juga dilaksanakan pengibaran bendera pataka Pesantren Darul Mursyid, sekaligus pelepasan secara simbolis tim olimpiade sains Matematika tingkat internasional (TIMO), yang akan bertanding di Thailand akhir bulan April ini,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Deli Serdang Gelar Halal Bihalal, Bupati: Jabatan Saya Tinggal Satu Minggu Lagi

Selain itu,  juga mengikuti olimpiade OSPO yang akan bertanding nanti di tingkat provinsi pada bulan Mei 2024. Kita doakan sampai ke tingkat nasional dan meraih prestasi yang membanggakan bagi orang tua, guru dan negeri ini,” terang Asep lagi.

Sementara, Maulana Yusuf salah seorang santri dari kelas XI mengatakan, kegiatan halal bi halal ini berjalan dengan lancar dan khidmat.

Drs Yusri Lubis sebagai Direktur Pesantren Darul Mursyid mengatakan, kegiatan halal bi halal antar santri, ustadz dan seluruh komponen pesantren adalah semangat dalam berjihad untuk kejayaan santri.

“Dengan semangat kebersamaan yang membara, kegiatan halal bihalal di Pesantren Darul Mursyid tahun ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sarana untuk memperkokoh fondasi keislaman dalam pendidikan yang dijunjung tinggi oleh sekolah ini. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan menginspirasi setiap langkah yang akan diambil ke depannya,” ucapnya. (amran/hm17)

Related Articles

Latest Articles