20.2 C
New York
Friday, May 10, 2024

Besok Pelaksanaan Imunisasi Tetes Rotavirus Nasional Digelar

Jakarta, MISTAR.ID

Pemberian imunisasi tetes Rotavirus (RV) akan dilaksanakan secara nasional pada 15 Agustus 2023.

Program dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu ditujukan bagi anak usia 2 bulan untuk mencegah kejadian diare berat.

Juru Bicara Kemenkes, Muhammad Syahril menjabarkan, imunisasi diberikan paling cepat pada anak usia 2 bulan atau bayi yang dilahirkan pada 16 Mei 2023.

Baca juga: Dinkes Simalungun: 69.911 Anak Telah Diimunisasi Polio Putaran II

“Peluncuran imunisasi dilaksanakan di Sulawesi Selatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 78. Imunisasi diberikan secara oral sebanyak 0,5 ml atau setara 5 kali tetes per dosis,” jelasnya, pada Senin (14/8/23).

Syahril menerangkan,  sebanyak 3 dosis imunisasi diberikan dengan kurun waktu  4 pekan antar dosis. imunisasi dosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 bulan 29 hari.

Pelayanan imunisasi dilakukan Posyandu dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang melayani imunisasi rutin. Begitu juga Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Rumah Sakit (RS) pemerintah dan swasta, klinik, praktek dokter mandiri, praktik bidan mandiri dan pos pelayanan imunisasi lainnya.

Baca juga: Pekan Imunisasi Polio Tahap II Sudah Selesai di Simalungun

Lanjut Syahril, kegiatan kali ini adalah agenda lanjutan dari program yang sama, dan sebelumnya bergulir sepanjang tahun 2022 di 21 Kabupaten/Kota di 18 Provinsi, dengan jumlah sasaran 196.876 bayi.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, pemberian imunisasi tergolong aman dan efektif terhadap bayi. Dikatakan, secara global tak menyebabkan reaksi yang serius setelah dilakukan imunisasi.

“Biasanya yang terjadi seperti demam, diare muntah dan anak menjadi rewel. Jika pemberian imunisasi terlewat dari jadwal, bisa dilengkapi paling lambat sebelum usia 6 bulan,” kata Maxi. (mdcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles