18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Bener Meriah Diterjang Banjir Bandang

Banda Aceh, MISTAR.ID

Kabupaten Bener Meriah diterjang banjir bandang sekitar pukul 17.30 WIB, Sabtu, 16 Januari 2021. Banjir bandang yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan sedikitnya rumah ikut hacur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, mengatakan peristiwa banjir bandang tersebut terjadi di Gampong atau Desa Wih Ni Durin, Kecamatan Syiah Utama.

“Banjir bandang terjadi akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Bener Meriah, sehingga meluapnya Sungai Wih Ni Durin,” kata Ilyas di Banda Aceh.

Baca juga: Banjir Bandang Sungai Bah Tongguran, Kapolsek: Ternak Warga dan Rumah Makan BPK Habis Disapu Air

Ilyas menjelaskan dalam bencana alam tersebut tujuh unit rumah warga rusak ringan hingga berat akibat tertimbun material tanah lumpur, batu, dan kayu dari pegunungan. Tak hanya itu, satu jembatan penyeberangan juga dilaporkan terputus.

“Satu unit jembatan terputus, dua unit rumah rusak berat terendam air lumpur dan lima unit rumah rusak ringan karena terendam air lumpur,” jelasnya.

Baca juga: 4 Desa Diterjang Banjir Bandang di Langkat

Menurut Ilyas tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir bandang itu dan beberapa warga yang terkena banjir telah mengungsi ke aula desa. Kondisi terakhir air sudah surut, namun tujuh rumah yang tertimbun lumpur belum dibersihkan.

“BPBD Bener Meriah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan memantau titik lokasi yang dapat dilalui,” ujarnya. (medcom/hm06)

Related Articles

Korban Banjir Medan: Habis Semua Pak!

Latest Articles