10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Begini Cara Melaporkan Jalan Rusak ke Jokowi Biar Pemerintah Daerah Kapok

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka aduan untuk persoalan jalan rusak yang sudah lama tidak diperbaiki. Aduan tersebut dibuka lewat akun Instagram resminya @jokowi.

Dalam unggahannya pada akun Instagramnya, Jumat (5/5/23) sore, Jokowi menyampaikan pesan tersebut untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Apabila jalan di daerah anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini,” tulisnya, dikutip Jumat (5/5/23).

Jokowi lantas menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan sangat penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Sebab, mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar.

Unggahan di Instagram itu pun disertai dengan sebuah reels video yang menampilkan Presiden Jokowi dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sedang berada di mobil yang menyusuri sejumlah jalan rusak di Provinsi Lampung pada Jumat pagi.

Dalam video itu, Mendag Zulkifli sempat menyindir kondisi jalan di Lampung yang menurutnya “luar biasa”.

“Luar biasa jalannya. Ini kalau orang hamil bisa langsung melahirkan ya Pak,” kata Zulkifli kepada Jokowi.

Jokowi sendiri telah menyampaikan kesan-kesannya setelah melewati sejumlah ruas jalan di Lampung Tengah, Provinsi Lampung, yang mengalami rusak berat. Hal itu disampaikannya menjawab pertanyaan para jurnalis lokal dan nasional yang meliput kegiatannya selama berada di Lampung.
“Jalannya mulus, enak. Dinikmati,” ujar Jokowi sambil tersenyum sebagaimana dilansir dari siaran langsung Kompas TV, Jumat sore.
Presiden pun ditanya apakah sempat merasakan guncangan pada perut saat lewat jalanan yang rusak. Namun, Jokowi menegaskan bahwa semuanya dinikmatinya saja.

Bahkan, Jokowi menyebut Mendag Zulkifli Hasan yang berada satu mobil dengan dirinya sempat tertidur saat lewat jalan rusak.

“Dinikmati. Sampai Pak Zul (Zulkifli Hasan) tadi tidur, saya juga tidur. Ya karena mulus, sampai di mobil tidur dong,” kata Kepala Negara sambil tersenyum.

Zulkifli Hasan yang berada di dekatnya pun ikut tersenyum. Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau jalan rusak yang berada di ruas Jalan Terusan Ryacudu di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Jumat pagi.

Dilansir dari keterangan foto yang dibagikan Biropers Sekretariat Presiden, Kepala Negara satu mobil dengan Mendag yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ketika melintasi jalan rusak tersebut.

Keduanya duduk di kursi tengah mobil sedan Kepresidenan warna hitam dengan pelat nomor merah yang bertuliskan Indonesia. Mobil yang melaju tampak berjalan pelan karena menghindari lubang-lubang jalan berukuran sedang hingga besar yang digenangi air hujan.

Di sisi kanan jalan, tampak masyarakat mengiringi perjalanan Jokowi dan Zulkifli dengan naik motor bersama-sama. Masyarakat juga melambaikan tangan ke arah jendela mobil di sisi kanan tempat duduk Jokowi dan Zulkifli.

Mereka berteriak, “Pak Jokowi, Pak Jokowi,” sambil berkendara. Dari dalam mobilnya, Kepala Negara tampak melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyapanya.(kompas.com/hm01)

 

Related Articles

Latest Articles