16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

April 2024, Indonesia Negara Pertama yang Produksi Massal Baterai Listrik

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan Indonesia siap mencatat sejarah baru dalam industri otomotif dengan dimulainya produksi massal baterai kendaraan listrik pertama di negaranya.

Informasinya, PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berbasis di Karawang, Jawa Barat akan memulai produksi komersial baterai kendaraan listrik pada April 2024.

Momentum itu dinilai tidak hanya menandai Indonesia sebagai negara produsen sel baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara. Melainkan juga mengukuhkan komitmen pemerintah Indonesia agar mendukung proyek pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik atau grand package senilai 9,8 miliar dolar AS atau Rp142 triliun.

Baca juga : Karena Ini, Garansi Baterai Mobil Listrik 8 Tahun Bisa Hangus

Saat kunjungannya ke PT HLI Green Power pada 21 Februari 2024 lalu, Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tina Talisa menjelaskan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pemerintah ingin fokus mengembangkan hilirisasi.

Maka, pemerintah memberikan perhatian khusus setelah dilakukan groundbreaking pada September 2021 lalu.

“Hilirisasi adalah cara untuk menciptakan nilai tambah dari kekayaan alam yang melimpah di Indonesia, salah satunya nikel. Nikel ini kemudian prosesnya kita buat terintegrasi dari hulu sampai hilir, itulah mengapa ada investasi baterai kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia dengan grand package 9,8 miliar dolar AS,” jelas Tina yang dikutip, Senin (11/3/24).

Related Articles

Latest Articles