32.1 C
New York
Sunday, July 7, 2024

Ada Pertunjukan Kejutan Usai Upacara HUT RI ke-78 di Istana Merdeka

Jakarta, MISTAR.ID

Direncanakan usai pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 78 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/8/23), akan ada penampilan sejumlah acara hiburan yang memukau.

“Ada kejutan. Sebelumnya setelah acara ada bermacam-macam lagu-lagu. Ini kita lihat saja,” sebut Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, Arkamelvi Karmani saat memantau gladi resik pengibaran bendera di Istana Merdeka, pada Selasa (15/8/23).

Menurut Arkamelvi, pertunjukan musik tidak hanya berlangsung usai pengibaran bendera saja. Setelah upacara penurunan bendera pada sore harinya, juga akan ada penampilan musik.

Baca juga: Besok Gubsu Kukuhkan Anggota Paskibra Sumut untuk HUT RI ke-78

“Ini akan serupa seperti ketika peringatan Hari Kemerdekaan ke 77 tahun lalu,” sebutnya.

Arkamelvi juga menyebutkan, tidak akan ada perbedaan dalam rangkaian upacara bendera, karena telah ada tata cara militernya. Kemungkinan perbedaan hanya di acara hiburan.

Sebanyak 76 orang Paskibraka dari 38 Provinsi di Indonesia mengikuti gladi resik pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka. Ini dimulai dengan prosesi penurunan bendera, berlanjut pengambilan bendera pusaka di cawan Monas.

Baca juga: Menyambut HUT RI ke-78, Pemkab Paluta Gelar Jalan Santai dan Senam Bersama

Disebutkan Arkamelvi, Kirab Bendera Merah Putih juga akan diiringi drum band dari Akademi TNI-Polri, serta diikuti Pasukan Berkuda dari Datasemen Kuda Kalvaleri AD. Selain itu, ada juga penampilan raja-raja Nusantara dari seluruh Indonesia.

Sementara di belakangnya para siswa-siswi pelajar dari SMA 3 Setia Budi, SMA 4 Jakpus, rombongan ibu-ibu Asosiasi Kebaya mengenakan pakaian nasional.

“Persiapan acara pengibaran bendera telah mencapai 90 persen. Tinggal menentukan Paskibraka yang menjadi komandan upacara sampai pembawa baki yang baru diumumkan pada Kamis (17/8/23) nanti,” tutup Arkamelvi. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles