20.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Ada 6 Tahapan Seleksi CASN Tahun 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 akan digelar dalam waktu dekat ini.

Kali ini fokus pemerintah pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga Kesehatan (nakes).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas menuturkan, CASN ini juga seiring dengan fokus pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tenaga non ASN di instansi pemerintah sesuai mandat Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Baca juga:1,8 Juta Pelamar CASN Melaju ke Tahap SKD

“Kebijakan pengadaan CASN pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terimbas oleh transformasi digital. Diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital,” sebutnya melalui keterangan resmi, dikutip pada Kamis (4/1/24).

Proyeksi keperluan ASN di tahun 2024 diperuntukkan untuk instansi pusat, instansi daerah, dan lulusan sekolah kedinasan.

Anas menyebutkan, rekrutmen tahun ini menyasar 1,6 juta termasuk honorer yang masih perlu diakomodir (proyeksi sisa tenaga non ASN termasuk matan THK2 dari rekrutmen yang telah berjalan sampai 2023).

Baca juga:Menpan RB Beberkan Formasi Prioritas CPNS dan PPPK 2024

Para pelamar dianjurkan melakukan pendaftaran sebelum mengikuti CASN 2024. Registrasi dilakukan di SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Bagi para peserta yang mendaftar akan melewati 6 tahapan.

1. Seleksi Administrasi

Pelamar harus melakukan pendaftaran di sscasn.bkn.go.id, dengan membuat akun memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan mengunggah dokumen registrasi. Selain itu, dokumen wajib diverifikasi terlebih dahulu.

Baca juga:BKN Gunakan Pemindai Wajah untuk Antisipasi Joki CPNS

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

CASN akan dihadapkan dengan beberapa tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). SKD dilakukan dalam tempo waktu 100 menit. Semua tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Pelamar wajib lulus dengan total nilai tertinggi atau berada di atas ambang batas tiap tes.

Related Articles

Latest Articles